Hasil UTBK Sudah Diumumkan, LTMPT Jelaskan Belum Punya Data Passing Grade PTN

Infokampus.news – Hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 Gelombang I telah diumumkan hari ini, Selasa (23/4/2019). Ujiannya telah berlangsung selama empat sesi pada 13 dan 14 April 2019.  dilansir melalui Tirtoid, Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo pihaknya belum bisa menentukan passing grade atau batas nilai minimal yang harus dicapai untuk bisa diterima di sebuah universitas atau program studi, karena UTBK baru dilaksanakan pertama kali.

“Misalnya mau masuk Kedokteran UI, berapa nilainya, passing grade-nya berapa, belum ada. Karena tes UTBK baru pertama. Belum ada datanya,” ujar Budi UTBK diadakan untuk mengetahui kemampuan peserta yang direpresentasikan dari perolehan nilai ujian sebelum mendaftarkan diri di SBMPTN.

“Misalnya peserta itu mengambil [kelompok ujian] Soshum dan mendapat nilai 601, kan ada range nilai dari 601-700, berarti ia termasuk dalam jumlah orang yang 13.003 itu,” ujarnya.

Nilai dari berbagai kelompok ujian saat ini menjadi pegangan para peserta untuk mengetahui posisinya secara nasional. Nilai tersebut akan diseleksi kembali setelah mendaftar di SBMPTN. Setelah peserta sudah menentukan universitas dan program studi pilihannya, seleksi akan disesuaikan dengan perolehan nilai UTBK tersebut.

“Dari sejumlah sekian orang yang memilih di program studi yang sama, itu akan diadu, di antara mereka dipilih yang terbaik dan berdasarkan daya tampungnya. Kalau nilainya bagus pasti peserta percaya diri mendaftarkan ke universitas atau program studi yang favorit. Jika jelek jadi yah sadar diri.”  tuturnya lebih lanjut.

Untuk mengetahui besaran nilai terendah atau tertingi dan berapa jumlah peserta yang mendapatkannya dalam kelompok ujian tertentu, silakan cek situs web ltmpt.ac.id dan perhatikan tabel II tentang Rekapitulasi Penyebaran Jumlah Peserta menurut Range Nilai UTBK. Namun jika para peserta ingin mengetahui nilai per individu, silakan login dengan username dan password yang dipakai saat pendaftaran ke lama pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id. Bagi peserta yang tidak memenuhi persyaratan pada saat pelaksanaan UTBK, hasil tidak akan dikeluarkan. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news -  Hasil UTBK untuk sesi 1 yakni dimulai pada tanggal 13 April 2019 sudah diumumkan secara langsung kepada peserta sesuai jadwal yakni 10 hari selepas mengikuti ujian, tepat pada hari ini 23 April 2019. Peserta sudah dapat melihat hasil UTBK pada laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id sejak pukul 10.00 WIB dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK. Selanjutnya hasil tes UTBK tersebut digunakan dan menjadi syarat untuk mendaftar SBMPTN yang…
  • Infokampus.news - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  akan mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK sesi pertama besok dan lusa, 23-24 April 2019. “Hasilnya akan diumumkan secara langsung kepada peserta paling lambat 10 hari selepas mengikuti ujian,” kata Ketua LTMPT Ravik Karsidi, Senin, 22 April 2019. Tes UTBK pertama digelar pada 13-14 April 2019 di berbagai universitas negeri di seluruh Indonesia. Peserta dapat melihat hasil UTBK pada laman  https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK.…
  • Infokampus.news - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2019 dilaksanakan mulai Sabtu (13/4) lalu. Tercatat, 136.502 peserta akan mengikuti tes hari pertama. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menuturkan, UTBK SBMPTN digelar dalam dua sesi. Sebanyak 68.586 orang mengikuti sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 sampai 11.45. Sementara itu, 67.916 peserta mengikuti sesi siang yang dimulai pukul 12.30 dan diakhiri pukul 16.45…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
daya tampung universitas airlangga
Rektor Buka Suara Terkait Perubahan Sistem Uang Kuliah di Unair

Infokampus.news -  Puluhan mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Universitas Airlangga datang ke Kantor Manajemen Kampus C

Close