Haus Saat Puasa? Simak Cara Mengatasinya

Infokampus.news, Malang – Saat berpuasa, beberapa orang lebih sulit untuk menahan haus dibandingkan dengan lapar. Cuaca dan rutinitas keseharian terkadang lebih terasa saat menjalankan puasa, bahkan rasa haus dapat menjadi penyebab berkurangnya semangat selama puasa. Selain dehidrasi, kekurangan cairan tubuh menimbulkan banyak masalah. Berkurangnya cairan membuat tubuh menjadi lemas, itu dapat mengurangi aktivitas keseharian.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan haus terkadang sulit untuk dikendalikan, selain aktivitas yang menguras cairan tubuh, cuaca panas juga menjadi salah satu musuh saat menjalani puasa. Tidak banyak kita pahami jika haus juga berasal dari faktor makanan ataupun minuman yang kita konsumsi saat sahur ataupun buka puasa juga dapat mempengaruhi haus ditenggorokan.

“Saya sangat terganggu pada saat bulan puasa bukan karena menahan lapar, namun sulitnya menahan haus. Terlebih lagi pada saat siang hari. Apakah ada cara untuk mengatasi haus saat menjalani puasa?,” tanya Ratna mahasiswa Fakultas Hukum UWG Malang.

Mengonsumsi Madu Saat Sahur dan Berbuka

Madu mengandung banyak kandungan gula sekitar 70-80 persen, tidak hanya gula didalam madu juga terdapat kandungan mineral, protein dan asam. Madu sangat bagus untuk menangkal virus, sekaligus anti body alami bagi tubuh. Madu baik dikonsumsi secara rutin, untuk kebutuhan saat puasa sendiri madu sangat membantu. Mengkonsumsi madi setelah makan sahur dan saat berbuka puasa dapat membantu melancarkan pencernaan selama menjalani puasa.

Minum Sari Buah Saat Berbuka

Kehilangan elektrolit saat puasa sangat mempengaruhi daya tahan tubuh, namun bisa diatasi dengan mengonsumsi buah dan sayur. Jika dirasa memakan buah dan sayur sedikit merepotkan, dapat diganti dengan mengonsumsi sari buah. Jika kita mengonsumsi air dengan kandungan elektrolit, itu akan menjadikan lebih cepat penyerapan dalam tubuh sekaligus dapat lebih cepat menghilangkan haus.

Jangan Minum Minuman Kemasan Saat Sahur dan Berbuka
Minuman kemasan memang praktis, itu yang membuat banyak orang lebih memilih kemasan dibandingkan membuatnya sendiri secara alami. Baik jus buah, yoghurt dan minuman kemasan lainnya mengandung gula yang tinggi, itu membuat tenggorokan mejadi cepat kering sehingga membuat haus.
Minum Air Putih Hangat Saat Sahur
Setelah makan sahur, biasakan untuk meminum segelas air putih hangat, karena air putih hangat berfungsi untuk melunturkan sisa makanan sekaligus makanan manis dan berminyak yang telah kita konsumsi pada saat makan sahur. Air hangat juga dapat mengurangi haus karena dapat melunturkan kandungan rasa yang ada pada lidah. (has)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wah, Kampus Ini Ajarkan Mahasiswa Untuk Berbagi Kasih di Bulan Penuh Berkah

Banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan, mulai dari berbuka bersama, sahur bersama hingga berbagi kepada sesama

Close