Hebat, Dosen IPB Inovasikan Obat untuk Luka Bakar dan Telur Antidiare dari Bakteri

Infokampus.news – Dosen Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr dr Sri Budiarti, berhasil menemukan adanya bakteriafage pada limbah kotoran sapi. Ternyata Bakteriofage tersebut dapat digunakan sebagai obat luka bakar, Dimana bakteriofage tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah bakteriofage semprot.

“Harapannya ke depan, bakteriofage ini dapat dijadikan sebuah produk yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar,” tuturnya.

Luka Bakar Dapat Berbahaya, Perlu Ada Obat Yang Dapat Mengatasi Masalah Tersebut

Sri Budiarti yang juga sempat menjadi Kepala Polikilinik IPB pada tahun 2002-2015 ini juga mengungkapkan bahwa penderita luka bakar seringkali terinfeksi bakteri yang dapat masuk ke dalam darah dan selanjutnya ke otak yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian pada penderita. Sehingga perlu adanya obat yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar.

Dr. Sri sendiri yang mempunyai fokus pada bidang mikrobiologi kedokteran mengungkapkan bakteriofage memiliki banyak peranan yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya ialah dapat digunakan sebagai antibodi. Temuan lainnya adalah adhesin factor dari bakteri Escherichia coli.

“Jadi bakteri yang akan masuk ke dalam sel manusia harus melekat di atas permukaan sel sehingga terdapat protein yang dapat diekspresikan yang disebut adhesin factor. Kemudian protein tesebut dapat dijadikan sebagai antibodi,” tegasnya.

Selanjutnya, bersama-sama dengan Prof Fachriyan Pasaribu di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, temuan ini dikembangkan menjadi telur antidiare.

“Pembuatan telur antidiare ini yaitu dengan menambahkan bakteri ke dalam pakan ayam. Telur yang nantinya dihasilkan akan mengandung antibodi  yang dapat digunakan untuk menangkal pertahanan tubuh sehingga penyakit akibat bakteri bisa menurun,” ujarnya seperti dilansir dalam laman IPB. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UWG Malang dan UNIM Mojokerto Bahas Referensi Pembelajaran Untuk Prodi Teknologi Hasil Pertanian

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Islam Mojopahit (UNIM) Mojokerto melakukan kunjungan ke Fakultas Pertanian UWG Malang

Close