Hebat, Mahasiswa UGM ini Sabet Gelar Juara Lomba Debat Nasional!

Infokampus.news – Prestasi kembali ditorehkan oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) di tingkat nasional. Kali ini, tim mahasiswa UGM dinobatkan sebagai juara lomba debat antar mahasiswa se-Indonesia setelah menang pada babak final yang berlangsung Kamis (28/9) di IPB Convention Center Bogor. Lomba yang diadakan bertepatan dalam rangka Hari Hak untuk Tahu Sedunia ini sendiri berlangsung selama 3 hari penyelenggaraan.

Mahasiswa UGM Kalahkan 15 Tim Dari PTN se-Indonesia

Perwakilan Mahasiswa  Jurusan Hubungan Internasional UGM yang berhasil merahi juara tersebut yakni Jonathan Evert Rayon, Tantri Friscila Ginting, dan Jefri Andika Pakpahan. Untuk menjuarai lomba debat ini, ketiga mahasiswa harus bersaing melawan 15 tim dari perguruan tinggi se-Indonesia.

“Dalam grand final mahasiswa mengalahkan UIN Sunan Walisongo Semarang dengan membawakan mosi kontroversi siaran langsung di persidangan. Sebelumnya mahasiswa UGM juga sudah mengalahkan Universitas Negeri Malang, UI, dan Universitas Negeri Surabaya sampai akhirnya masuk babak grand final,” ujar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi UGM yang menjadi dosen pembimbing tim debat, Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum seperti dilansir dalam laman UGM.

Isu Keterbukaan Informasi Jadi Topik Utama dalam Lomba Debat Ini

Keterbukaan informasi publik memang menjadi tema dari mosi debat yang diangkat dalam kompetisi ini. Karena itu, kompetisi ini menurut Iva, turut menjadi indikator seberapa jauh pemahaman mahasiswa mengenai isu tersebut, termasuk mengenai peraturan perundang-undangan serta praktiknya di tingkat perguruan tinggi.

“Mahasiswa ini tidak hanya sekadar menang lomba debat saja. Lebih dari itu, kemenangan ini membuktikan bahwa mahasiswa UGM sudah melek informasi publik dan UU Keterbukaan Informasi sudah dijalankan dengan baik di lingkungan UGM,” jelasnya.

Mahasiswa Diharapkan Jadi Aktor Penyuara Keterbukaan Informasi

Lebih lanjut, Iva berharap, para mahasiswa yang meraih juara ini dapat menjadi aktor yang mengampanyekan serta memberikan edukasi keterbukaan informasi kepada rekan sesama mahasiswa serta sivitas akademika lain.

“Harapannya mahasiswa-mahasiswa yang menjadi juara ini nanti akan dapat dijadikan duta keterbukaan informasi dan akan mensosialisasikan peranan PPID universitas dalam melaksanakan UU KIP,” kata Iva. (uch/Gloria)

Sumber : Humas UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tak Hanya Mahasiswa Umum, Olimpiade Brawijaya 2017 Juga Beri Tempat Mahasiswa Difabel Untuk Ikut Berkompetisi

Tak berbeda dengan tahun lalu, Olimpiade Brawijaya 2017 kali ini masih membuka kesempatan bagi para mahasiswa difabel untuk berpartisipasi

Close