Hebat! Untuk Pertama Kali, Unikama Adakan Praktik Kerja Lapangan Tematik

Infokampus.news, Malang – Di era revolusi industri 4.0, generasi milenial dituntut untuk tidak gaptek terhadap teknologi. Untuk itu, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) untuk kali pertama mengadakan praktik kerja lapangan tematik.
Praktik kerja lapangan tematik dilakukan oleh program studi (Prodi) Sistem Informasi selama satu bulan ini bekerja sama dengan rumah pengusaha Malang Raya.
Gagasan praktik kerja lapangan tematik ini dibuat berdasarkan hasil evaluasi terdahulu dimana pada kenyataannya mahasiswa tidak mendapatkan bidang yang sesuai dengan pekerjaan yang harus didapatkan.
“Praktik kerja di lapangan tidak sesuai dengan kerjanya, dengan adanya program praktik kerja tematik ini diharapkan mahasiswa nantinya dapat membantu pengusaha pengusaha untuk dibuatkan website secara online,” ungkap kepala Prodi Yoyok Seby Dwanoko, S.Kom., M.Kom.
Yoyok berharap, kedepannya tidak berhenti pada penelitian saja tetapi nantinya para pengusaha dapat menjadi UMKM go online bahkan kalau bisa go Internasional.
PKL tematik ini ada 17 tim, diantaranya satu tim berisi dua orang disebarkan di 24 pengusaha mitra rumah pengusaha Malang Raya tidak hanya pada bidang makanan saja, tetapi juga ada yang pada bidang properti.
“Observasi satu minggu pertama mendata keperluan yang dibutuhkan untuk mendukung proses e-commerce yang nanti juga didampingi dosen lapangan, hingga proses praktik kerja berakhir. Harapannya sudah ada transaksi supaya bisa melanjutkan branding produk yang akan dipasarkan pada akhir Mei,” tungkasnya lebih lanjut.
Yosafat Ricko, ketua koordinasi juga menjelaskan bahwa praktik kerja lapangan kali ini tidak bersifat full time, melainkan part time.
“Feedback yang didapat mereka dapat branding yang dibuat mahasiswa, sedangkan mahasiswa mendapatkan hasil data yang didapat dari masyarakat untuk uji kompetensi di kampus. Semoga lancar dan apa yang kami lakukan terbaik untuk mitra rumah pengusaha Malang Raya,” ujar Ricko. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang – Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali menggelar workshop di Auditorium Multikultural selama dua hari berturut-turut pada tanggal 30 – 31 Januari 2019. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun, kali ini mengangkat tema “A Two-Day Workshop on Professional Development”. Sobat FoKus, di Indonesia teknik mengajar melalui HOTS Learning & Task Based Learning Activity belum menjadi teknik mengajar yang difavoritkan…
  • Infokampus.news – Jelang tahun ajaran baru 2019/2020 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mulai mempersiapkan diri untuk menyambut keluarga baru. Sambil menunggu pendaftaran Gelombang I resmi dibuka pada 1 April mendatang, Unikama memulainya dengan membuka Unikama Road Show yakni keran pendaftaran gelombang ke-0 (nol). Proses promosi penjaringan calon mahasiswa baru (camaba) Unikama tersebut telah dimulai sejak awal Januari lalu. Target pembuka adalah sekolah-sekolah di Malang Raya (Kabupaten Malang-Kota Batu-Kota Malang). Dilanjutkan ke…
  • Infokampus.news, Malang - Penerimaan calon mahasiswa baru (PMB) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) sebagai kampus multikultural banyak menuai perhatian. Salah satunya Universitas PGRI Yogyakarta yang melakukan studi banding ke unit PMB Unikama (22/1) kemarin. Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Wakil Rektor (Warek) 1 Unikama beberkan mudahnya calon mahasiswa menimba ilmu di Unikama. "Khusus pendaftaran mahasiswa baru semua calon bisa akses di website. Websitenya pmb.unikama.ac.id, mulai dari jurusan, prodi, biaya, kapan masuknya…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Unisma magang perusahaan nasional
Tampak Menjanjikan, Lagi-lagi Unisma Kirim Mahasiswa Magang di Perusahaan Nasional

Infokampus.news, Malang - Nampaknya Universitas Islam Malang (Unisma) mulai ketagihan untuk kirim mahasiswa magang di perusahaan-perusahaan raksasa di Indonesia. Salah

Close