Hebat! Untuk Pertama Kali, Unikama Adakan Praktik Kerja Lapangan Tematik

Infokampus.news, Malang – Di era revolusi industri 4.0, generasi milenial dituntut untuk tidak gaptek terhadap teknologi. Untuk itu, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) untuk kali pertama mengadakan praktik kerja lapangan tematik.
Praktik kerja lapangan tematik dilakukan oleh program studi (Prodi) Sistem Informasi selama satu bulan ini bekerja sama dengan rumah pengusaha Malang Raya.
Gagasan praktik kerja lapangan tematik ini dibuat berdasarkan hasil evaluasi terdahulu dimana pada kenyataannya mahasiswa tidak mendapatkan bidang yang sesuai dengan pekerjaan yang harus didapatkan.
“Praktik kerja di lapangan tidak sesuai dengan kerjanya, dengan adanya program praktik kerja tematik ini diharapkan mahasiswa nantinya dapat membantu pengusaha pengusaha untuk dibuatkan website secara online,” ungkap kepala Prodi Yoyok Seby Dwanoko, S.Kom., M.Kom.
Yoyok berharap, kedepannya tidak berhenti pada penelitian saja tetapi nantinya para pengusaha dapat menjadi UMKM go online bahkan kalau bisa go Internasional.
PKL tematik ini ada 17 tim, diantaranya satu tim berisi dua orang disebarkan di 24 pengusaha mitra rumah pengusaha Malang Raya tidak hanya pada bidang makanan saja, tetapi juga ada yang pada bidang properti.
“Observasi satu minggu pertama mendata keperluan yang dibutuhkan untuk mendukung proses e-commerce yang nanti juga didampingi dosen lapangan, hingga proses praktik kerja berakhir. Harapannya sudah ada transaksi supaya bisa melanjutkan branding produk yang akan dipasarkan pada akhir Mei,” tungkasnya lebih lanjut.
Yosafat Ricko, ketua koordinasi juga menjelaskan bahwa praktik kerja lapangan kali ini tidak bersifat full time, melainkan part time.
“Feedback yang didapat mereka dapat branding yang dibuat mahasiswa, sedangkan mahasiswa mendapatkan hasil data yang didapat dari masyarakat untuk uji kompetensi di kampus. Semoga lancar dan apa yang kami lakukan terbaik untuk mitra rumah pengusaha Malang Raya,” ujar Ricko. (Jul)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  Seleksi Mandiri Universitas Diponegoro Diumumkan Hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *