Hidangkan Menu Ini Yuk, Agar Lebaran Kamu Less Calories but High Vitamin!

Infokampus.news – Saat lebaran sering sekali ya kita jumpai masyarakat Indonesia sangat gemar hidangkan menu yang bersantan, berlemak dan nyaris tidak ada serat protein nabati yang terkandung di dalamnya. Terbayang ya makanan jahat seperti opor ayam, kare ayam, telur dan daging bumbu bali serta banyak lagi makanana jahat lainnya yang mampu memicu kolesterol, darah tinggi yang bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali nih kita para mahasiswa yang masih terbilang cukup muda lho!

Nah, untuk itu beberapa makanan ini mungkin bisa kamu hidangkan di samping makanan-makanan bersantan dan berlemak tersebut. Menurut salah satu dosen kedokteran Universitas Brawijaya, Dian Handayani, SKM, M.Kes, Ph.D, beberapa makanan yang sebaiknya dihidangkan saat lebaran bisa merupakan kombinasi dari lemak nabati dan lemak hewani yang sangat baik untuk metabolisme tubuh seperti beberapa makanan berikut ini.

1.Hidangkan Menu Sup Merah Ini

Perbedaan sup merah dengan sup ayam maupun daging tentunya terletak pada komposisinya. Jika biasanya sup ayam hanya berisi sayuran basic seperti wortel, kentang dengan kaldu dan irisan ayam, sop merah lebih kompleks dari itu. Seperti baby corn, beberapa potong buah asam seperti nanas dan masih banyak lagi campuran yang tidak ada dalam sop biasa. Selain itu kamu tentu Harus menambahkan kacang kacangan seperti kacang merah atau kacang polong yang baik untuk pencernaan, selain menambah kekhasan warnanya yang menarik dan menggugah selera tentunya.

2.Soto Banjar Tidak Kalah Unik Lho!

Soto banjar ini merupakan perpaduan yang unik, terutama asing namun tetap gurih di lidah masyarakat jawa. Jika umumnya soto madura atau lamongan berisi mie bihun dan ayam, soto banjar ini memiliki wortel, buncis dan sayur lainnya yang dipadukan dengan kuah soto khas banjar. Hmm, enak tapi tetap sehat ya kan?

3.Bubur Manado, Sudah Pernah Coba?

Makanan satu ini tidak kalah sehatnya lho, selain ramah di perut karena teksturnya yang lembut bubur ini sangat kaya serat. Komposisinya sangat alami banget, dari jagung dan sayur sayuran serta ubi yang direbus jadi satu dengan beras. Setelah itu tinggal tambah ikan asin dan sambal terasi saja untuk dihidangkan, mudah dan sehat kan?

Nah, itu tadi beberapa tips dari tim infokampus.news dan juga pakar kesehatan Universitas Brawijaya Malang. Kamu tertarik mencobanya untuk menu lebaran tahun ini? (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proporsi Makanan Ini Perlu Kamu Perhitungkan, Agar Dietmu Tidak Gagal Saat Lebaran!

Bagaimana sih mengatur proporsi makanan agar diet kita tidak gagal saat lebaran? Nah, lagi-lagi tim infokampus.news mengajak sang pakar

Close