HIMMPAS IPB Adakan Santunan dan Buka Puasa Bersama

Infokampus.news –  Ramadhan merupakan bulan istimewa yang selalu dirindukan oleh kaum muslimin dan menjadi momentum untuk beramal juga berbagi kebaikan kepada sesama.

Bertepatan dengan Ramadhan 1440 Hijriah, Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (HIMMPAS IPB) mengadakan acara pemberian santunan dan buka puasa bersama anak-anak yatim di Yatim Center Ar Ruhamah, Cifor, Kota Bogor.

HIMMPAS IPB mengajak berbagai elemen civitas akademik IPB terutama mahasiswa pascasarjanan dan alumni untuk berbagi kepada 100 anak yatim. Anak-anak yang hadir merupakan binaan Yayasan yatim center Ar Ruhama pada rentang usia remaja, 12-15 tahun.

Walaupun remaja lebih cenderung sulit dikondisikan namun pada saat kegiatan anak-anak dapat mengikuti dan responsif dan antusias akan kehdiran para mahasiswa pascasarjana IPB. Beberapa anak usia SD dan TK hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik dan mudah dikondisikan. Acara diawali dengan shalat ashar berjamaah dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Ketua HIMMPAS IPB tahun 2019, Purnama Akbar menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud dari visi HIMMPAS IPB yaitu mengasah rasa kepedulian mahasiswa muslim dan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang Allah limpahkan.

Turut hadir Ketua Forum Wacana IPB, Kiki Yulianto yang memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Beliau berharap semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahunnya.

Acara ini juga diisi dengan motivasi yang disampaikan oleh Kak M Abdi Ridha. Beliau berpesan kepada adik-adik untuk memiliki cita-cita dan berusaha sekuat tenaga untuk menggapainya. Disela-sela materi juga dibagikan doorprize bagi anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia. Anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan kali ini.

Menjadi menarik adalah diantara anak-anak yang menjadi peserta merupakan para penghafal qur’an yang bermukim di yayasan, dengan rata-rata usia diatas 15 tahun.

Pada saat kegiatan diskusi, anak-anak sudah terbiasa terlibat untuk menyampaikan gagasan di depan umum, sehingga tidak sulit untuk berkomunikasi dengan anak-anak karena dengan percaya dirinya mereka mau untuk maju ke depan dan berbicara mengenai cita-cita dan ide-ide kreatif dan polos khas anak usia remaa. Perlu adanya pendampingan yang lebih intens agar anak-anak melihat dan

Pemberian santunan diberikan kepada semua anak-anak dilanjut dengan menyantap sajian berbuka puasa bersama.

Selain santunan dibagikan pula bingkisan seperangkat alat tulis dan buku yang dapat dimanfaatkan anak-anak di sekolah.

Alat tulis dipilih sebagai bingkisan agar anak termotivasi sehingga dapat mengikuti jejak kakak-kakak yang hadir

Kegiatan tidak berhenti hingga buka bersama, para peserta dan undangan melaksanakan shalat magrib, isya dan tarawih berjamaah.

Anak-anak pun semangat mengikuti semua rangkaian kegiatan, bermuwajahah saling bersalaman.

Panitia juga mengundang para donator dan alumni HIMMPAS IPB, sehingga selain memberikan santunan kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada penigurus untuk bersilaturahmi antar sesama pengurus dan juga alumni yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berkumpul melepas rindu.

Pada kesempatan itu, panitia menghaturkan banyak terima kasih, kepada para donator, pihak yayasan, alumni yang turut serta menyukseskan acara tersebut.

“Insya Allah pada kesempatan yang akan datang. Semoga kegiatan sosial seperti ini dapat laksanakan secaraberkelanjutan di tempat lainnya sehingga dapat menularkan kebaikan yang banyak, karena Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk berbagi dan bersilaturahmi,” tutur panitia. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Rumah sakit pendidikan
Pemprov Jabar Sambut Baik Rencana Unpad Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Infokampus.news -  Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung berencana membangun rumah sakit layanan dan rumah sakit pendidikan alias teaching hospital. Hal tersebut

Close