HMJ Seni dan Desain UM Promosikan Pameran Lewat Performance Art

Infokampus.news, Malang – Siang hari pada Rabu (6/4), terlihat seorang mahasiswa berputar-putar serperti kebingungan di lingkungan kantin Fakultas Sastra sambil memukul-mukulkan kursi plastik. Tak lama kemudian, seorang temannya membawakan djimbe untuknya dan ia pun memainkan djimbe itu dengan pola yang tak berirama.

Ternyata, aksi itu adalah sebuah performance art yang dilangsungkan oleh HMJ Seni dan Desain Universitas Negeri Malang (UM). Performance art ini adalah sebuah strategi dari himpunan mahasiswa jurusan itu untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan pameran yang akan mereka helat.

“Kami sudah biasa mempromosikan acara seperti ini (dengan performance art). Sudah dari angkatan-angkatan terdahulu juga seperti ini caranya,” terang Alfin Cahya Ahmadi, Ketua HMJ Seni dan Desain UM.

Alfin menambahkan, pengenalan dan promosi acara yang akan mereka gelar nanti itu tidak hanya akan berhenti di kesempatan itu saja. Selanjutnya, masih akan beberapa kali juga performance art mereka bawakan dengan penampilan yang berbeda-beda.

“Nanti di Car Free Day juga kami bakal ada kok,” tutur Alfin.

Pameran Pemanasan Untuk November Art

Acara yang akan dihelat oleh HMJ Seni dan Desain sendiri adalah ALPA, pameran yang rutin digelar setiap tahun. Acara pameran tersebut akan digelar pada tanggal 19-21 April di gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang.

“Sebenarnya ALPA ini adalah ‘anak’ dari acara induk November Art yang akan digelar nanti bulan November. Acara ini bisa disebut sebagai pemanasannya,” tutur mahasiswa angkatan 2014 itu.

Sebagai pemanasan, ALPA memang mencakup lingkup yang lebih kecil dari Novemer Art. Namun tidak menutup kemungkinan bagi setiap pendaftar dari mana pun yang ingin menyertakan karya mereka.

“Berbeda dengan November Art yang lingkupnya Nasional, untuk acara ini kami memang menargetkan untuk lingkup Malang dulu. Tapi kami tidak membatasi bagi peserta pameran dari mana saja yang ingin mengumpulkan karyanya, nanti akan ada seleksi lagi,” jelas Alfin. (Art)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gelar Pameran Insidental Demi Galeri

Tidak hanya bertujuan untuk memberi kesempatan teman-temannya, Ranggi dan kawan-kawan juga mengadakan pameran incidental ini sebagai bentuk protes untuk kampus.

Close