IKIP Budi Utomo Kenalkan Batik Sebagai Kekayaan Bangsa

Infokampus.news, Malang – Senin (02/10) diperingati sebagai Hari Batik Nasional, UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu telah menetapkan batik sebagai warisan dunia. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity).

Hari ini IKIP Budi Utomo bersama Pemkot Malang turut serta mengenalkan Batik Tulis Celaket dalam memeriahkan Hari Batik Nasional. Bertempat di depan balai Kota Malang ratusan mahasiswa dan beberapa organisasi turut menyemarakkan Hari Batik Nasional dengan menggunakan pakaian batik.

Rektor IKIP Budi Utomo : Lestarikan Batik Sebagai Warisan Bangsa Indonesia 

“Batik sebagai alat pemersatu bangsa dan simbol bangsa sudah seharusnya dilestarikan, batik itu milik indonesia, sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan,” ungkap Drs Nurcholis Sunuyeko selaku Rektor IKIP Budi Utomo.

Batik sendiri sudah dikenal oleh masyarakat luas terlebih dikancah Internasional, menjadi kekayaan bangsa yang wajib untuk dilestarikan menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga warisan dari leluhur. Batik sendiri syarat akan kentalnya budaya dari berbagai suku dan daerah yang ada di Indonesia, melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah batik di mata masyarakat lokal maupun asing.

“Melalui kegiatan ini dapat dijadikan sebagai media untuk menunjukkan identitas Indonesia di kancah Internasional,” paparnya.

“Dengan adanya acara ini dapat dijadikan media membangun karakter bangsa dan menumbuhkan nilai-nilai toleransi dengan menjadikan batik sebagai instrumentnya. Batik dapat dijadikan sebagai tali pengikat persatuan Indonesia,” tegasnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Strategi Terbitkan Publikasi Ilmiah!

Halo Sobat Fokus kali ini infokampus.news akan membahas strategi terbitkan publikasi ilmiah menurut akademisi dari seluruh dunia

Close