Ikut PMW, Usaha Wunder Shoes Sepatu Kulit Mahasiswa Teknik UM Ini Bisa Capai Omzet Jutaan Rupiah

Infokampus.news, Malang – Terhitung sejak 3 bulan lalu, 3 mahasiswa Teknik UM yakni Andreas, Awalia, Fuad, Bagas mulai aktif dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Usaha sepatu dan tas kulit dengan mengusung lini ‘Wunder Shoes’ ini semakin sukses dan mulai memiliki banyak peminat setelah mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan pendampingan dari PMW.
“Awalnya memang usaha ini dari orang tua sudah ada, tapi ya modalnya biasa saja. Setelah PMW ini memang salah satu jalan pembuka bagi kami yang berbeda,” tukas Andreas saat ditemui wartawan.
Pihaknya mulai memahami selera dan minat pasar serta tipikal produk yang sedang eksis. Mereka mencoba memodifikasi usaha orang tua ini dengan memberikan sentuhan kearifan lokal.
“Jadi kami kombinasikan dengan batik, ada juga yang kami komhinasikan dengan goni. Kalau sepatu range harganya dari 300-600 ribu rupiah per pasang. Kalau tas range harga 400ribu hingga satu juta per buahnya.” Tambah mahasiswa semester 7 teknik UM ini.
Meskipun mengaku memiliki kendala, yakni kesulitan untuk memperluas jangkauan pemasaran, namun mereka yakin dan tak ragu untuk mencoba hal-hal baru. “Karena kan saingan kita ini perusahaan yang sudah punya nama dan besar,” Tandasnya.
Selain itu, pihak Universitas Negeri Malang (UM) sendiri juga terus mengembangkan PMW agar semakin banyak mahasiswa yang paham dan berminat mengikuti PMW serta menjadi wirausahawan sukses. Seperti hari ini (20/9) pihaknya memberikan pengenalan PMW perdana bagi para mahasiswa baru.
“Dari 7000an mahasiswa ini kalian yang terpilih di gelombang pertama ini untuk dikenalkan dengan PMW, tentu nanti-nanti ada lagi tapi ini yang pertama. Wirausaha ini sesuai passion dalam hati kalian saja, tidak harus sesuai dengan prodi kalian.” Terang Taat, kabag. Kemahasiswaan UM.
Tidak hanya diberikan pendampingan dan juga pengetahuan saja, para mahasiswa PMW juga diberikan modal. Khususnya usaha yang sudah berdiri sedikitnya selama 3-6 bulan. “Bahkan terakhir ada tambahan modal dari Wismilak sebanyak 2 milyar. Tentu tapi untuk usaha yang memenuhi persyaratan,” Tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Infokampus.news, Malang - Dalam rangka Entrepreneur Day, Universitas Merdeka Malang menggelar bazaar, pameran dan juga seminar kewirausahaan hari ini (5/7). Selain untuk melatih mental kewirausahaan, para mahasiwa UNMER dari berbagai jurusan maupun semester hari ini dibekali dengan pengetahuan riil tentang dunia wirausaha. "Skill maketing, mental mereka juga akan terlatih melalui bazaar dan pameran ini. Percuma kita menjual produk sebagus apapun kalau ga bisa jual ya percuma tidak akan laku," ungkap…
  • Menjadi wirausahawan sukses di era saat ini bukanlah sebuah impian semata, karena kemajuan teknologi telah membuat semua yang kita inginkan menjadi mudah untuk diraih. Nampaknya hal
  • Infokampus.news - Menjadi agenda rutin di Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (s) Malang, seminar kembali digelar di kampus ini. Seminar bertema kewirausahaan ini bertempat di Aula Gedung E STIKI Malang yang diprakarsai oleh Inkubator Bisnis (INBIS) STIKI Malang. Sebanyak 103 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan UMKM mengikuti Seminar Kewirausahaan STIKI yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Mei 2018 ini. Ketua STIKI, yaitu Dr. Eva Handriyantini, S.Kom, M.MT,…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Senapenmas 2018
UNTAR Adakan Senapenmas 2018, Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Infokampus.news – Universitas Tarumanegara (Untar) melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untar (DPPM) menyelenggarakan Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada

Close