Ikuti Arus, UM Tahun Ini Tidak Tambah Kuota Maba

Infokampus.news, Malang – Sesuai dengan anjuran dari Kemenristek Dikti pada semua PTN di Indonesia, di tahun 2017 ini Universitas Negeri Malang (UM) tidak menambah kuota mahasiswa baru program sarjana. Pihak kampus saat ini berencana untuk menambah jumlah kuota pada program pascasarjana.

“Sesuai dengan anjuran kementrian, tahun ini kami tidak menaikkan kuota mahasiswa baru program sarjana, tapi kita pindah tambah kuota di program pascasarjana,” ujar Wakil Rektor 1 UM Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
Wakil Rektor I.

Berbeda dengan kampus lain, UM tahun ini berencana untuk menjaga rasio mahasiswa dan dosen demi pelayanan pendidikan yang maksimal.

“Kami ingin rasio terjaga, sehingga layanan pada mahasiswa bisa kami berikan yang terbaik,” tuturnya kepada tim infokampus.news, Malang

Rasio Terjaga, Pelayanan Ditingkatkan

Hariyono menuturkan rasio yang dimiliki oleh kampus UM tahun ini sudah dinilai baik, maka dari itu pihak kampus mengklaim kenaikan jumlah mahasiswa nantinya akan berpengaruh pada jumlah mahasiswa di setiap kelas. Jika hal ini terjadi, otomatis pelayanan dosen terhadap mahasiswa, terutama mahasiswa akhir yang perlu bimbingan ekstra akan semakin menurun.

“Kami sudah cek jumlah dosen agar sesuai dengan kapasitas mahasiswa di dalam kelas. Kami tidak ingin ketika mahasiswa masuk kelas terlalu banyak orang, jadi harus seimbang jumlah dosen dan jumlah mahasiswa dalam kelas,” pungkasnya.

Ia menambahkan, saat ini UM sudah memiliki rasio yang bagus yaitu pada angka 1 berbanding 35, yang artinya dalam sebuah kelaa yang diajar oleh satu prang dosen, jumlah mahasiswa di dalam kelas tidak lebih dari 35 orang. (pus)

Berita Terkait

  • Persiapan menghadapi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) tidaklah sedikit. Ditemui seusai pembukaan Porseni, salah seorang kapten tim basket dari fakultas teknik UM, Ide Bagus Ilmawan menceritakan persiapannya pada salah satu ajang kompetisi bergengsi ini.
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan mengadakan pembukaan Student Day, Sabtu, 15 Oktober 2016 mendatang. Sebagai salah satu rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru, Student Day akan dihadiri oleh jajaran rektorat UMM serta diikuti oleh 6.812 mahasiswa baru UMM.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Servis Motor Tanpa Antri

Mengantre saat melakukan servis motor di bengkel sering dikeluhkan banyak orang lantaran menyita waktu lama.

Close