Ikuti Monev Eksternal PKM, Universitas Widyagama Tunjukkan Antusiasme

Infokampus.news, Malang – Sebagai bentuk pertanggungjawaban selasa, 16 Juli 2019 sembilan tim PKM dari Univeritas Widya Gama (UWG) ikuti monitoring dan evaluasi (Monev) eksternal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang di Universitas Brawijaya.

Pada tahun ini Universitas Widyagama berhasil mengirimkan sembilan tim  dalam salah satu ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi se-Indonesia yakni PKM. Pada tahun sebelumnya hanya tujuh tim saja yang berhasil lolos dan didanai, namun pada tahun ini terjadi peningkatan yakni menjadi sembilan tim. Sembilan tim PKM UWG yang berhasil didanai ini terdiri dari 6 tim PKM-K, 1 tim PKM-M, 1 tim PKM-PE, san 1 tim PKM-PSH.

PKM sendiri merupakan salah satu hibah untuk mahasiswa yang digulirkan oleh Kemenrisetdikti dalam hal ini adalah belmawa. Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan dari kegiatan PKM ini, Kemenrisetdikti melakukan Monev Eksternal PKM.  Monev Eksternal ini juga bertujan untuk memeriksa dan mengevaluasi dana yang telah dikucurkan apa sudah sesuai dengan proposal atau belum.

Dari kegiatan PKM ini mahasiswa UWG ikut berpartisipasi secara aktif dalam pembuatan proposal PKM, hal ini dibuktikan dari banyaknya proposal yang diajukan. Sekitar 25% mahasiswa aktif UWG ikut terlibat dalam PKM ini dan proposal yang UWG ajukan sebanyak 105 proposal.

Baca Juga :  Berapa Biaya Kuliah Mandiri UB 2022 Untuk Calon Mahasiswa Baru?

Untuk mengantisipasi ketatnya persaingan, UWG menggandeng Unit Kegiatan Mahaasiswa (UKM) penalaran dan kreativitas untuk mengawal dan mengawasi kegiatan PKM. UKM ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk kegiatan PKM saja namun juga untuk beberapa hibah mahasiswa lainnya.

Dari pihak UWG juga memberikan fasilitas dan bantuan yakni dana talangan bagi PKM mahasiswanya yang lolos. Setelah proposal PKM dinyatakan lolos, pencairan dana akan dibagi menjadi 2 termin, yakni 70% dan 30%. Karena biasanya pencairan dana sejumah 70% ini memerlukan waktu yang agak lama, UWG memberikan dana talangan untuk PKM yang berhasil didanai agar kegiatan PKM dapat segera dilaksanakan. Dana talangan ini berupa dana pinjaman yang setelah dana dari Kemenrisetdikti ini keluar maka dana pinjaman ini akan masuk sebagai pelunasan dari dana talangan.

“Semoga kedepannya banyak lagi proposal-proposal yang lebih berkualitas sehingga banyak yang didanai semakin banyak dan yang didani bisa mengikuti Pimnas.” Wakil Rektor III UWG Dr. Agus Tugas Sutjianto, ST. MT. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published.