Ilyas Buktikan Lulusan Paket C Bisa Tembus PTN Bergengsi

Infokampus.news IIyas Dzaky Almahdy, pemuda berusia 17 tahun ini berhasil buktikan bahwa background sekolah tidak menjamin kelulusan masuk univeritas bergengsi di Indonesia.

Meski hanya lulusan sekolah non-formal, Ilyas mampu menembus seleksi masuk perguruan tingi di 4 universitas ternama, salah satunya adalah Universitas Indonesia yang kini menjadi pilihannya. Ilyas menuturkan bahwa ia tidak pernah membayangkan akan melanjutkan studinya di sekolah non-formal.

Ilyas sendiri merupakan salah satu lulusan dari Program Kejar Paket C yang berhasil lolos di seleksi perguruan tinggi negeri. Alasannya Ilyas mengikuti Paket C ini karena sebelumnya ia menderita sebuah penyakit yang mengharuskannya untuk terbaring di rumah sakit selama tiga bulan. Hal inilah yang membuat Ilyas tidak bisa mengikuti proses belajar di sekolah seperti siswa-siswa lainnya. Ilyas kemudian memutuskan untuk mengikuti sekolah non-formal pada semester ke-2 di bangku kelas 1 SMA.

Untuk mengejar ketertinggalan, Ilyas memutuskan untuk melanjutkan pendidikan non-formal di rumahnya dengan menggunakan sistem belajar satu minggu dua kali selama dua jam pembelajaran. Hal ini sempat membuat Ilyas merasa ragu, terlebih sistem pembelajaran yang ia terima sangat berbeda dengan apa yang ia dapatkan di sekolahnya dulu. Meskipun sempat merasa ragu, Ilyas terus bertekad untuk tetap belajar walaupun hanya di sekolah non-formal.

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

Proses pembalajaran yang diikuti Ilyas tergolong cukup singkat, untuk itu ia kemudian mencari ilmu tambahan dengan mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah non-formalnya. Tak hanya itu, Ilyas juga kerap meluangkan waktunya untuk belajar di Perpusatkaan Nasional.

Berkat kerja keras dan tekadnya, Ilyas berhasil lolos di Univeristas Indonesia (UI), dan mengambil jurusan Psikologi.  Alasan Ilyas mengambil jurusan psikologi adalah karena ia ingin anak-anak lain yang berada di posisinya bisa paham bahwa mereka tidak perlu merasa minder dengan keadaanya. Ilyas juga berharap para siswa-siswi lulusan Paket C tidak perlu merasa ragu jika ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri. Dalam pencapaiannya ini, Ilyas menuturkan bahwa menurutnya tekad dan keyakinan merupakan dua hal yang paling penting dalam upaya menggapai cita-citanya. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *