Incumbent Muncul di Pilwali Batu, Ini Kata Pengamat Politik UB

Infokampus.news, Batu – Munculnya istri incumbent dan incumbent sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batu, Dewanti dan Punjul, ternyata tidak membuat pasangan calon (paslon) lain minder. Nyatanya ada 4 paslon yang tetap melaju dalam Pilwali 2017. Hal ini menandakan bahwa demokrasi di wilayah ini telah berjalan dengan baik.

“Pilkada Batu ini dinamis, buktinya di tengah elektabilitas incumbent dan istri incumbent muncul 4 calon sudah luar biasa. Berani dan kuat untuk maju,” kata pengamat politik yang juga dosen Ilmu Politik FISIP UB, Wawan Sobari MA, Phd, saat ditemui usai Workshop Riset Kepemiluan, Kamis, 13 Oktober 2016.

“Juli lalu hasil survey menunjukkan bahwa elektabilitas Dewanti 31 persen, Punjul 21 persen. Bila digabung 52 persen, paslon ini elektabilitasnya tinggi tapi yang lain tetap mau berpartisipasi, ini dinamika yang bagus,” imbuh Wawan yang juga praktisi survey Lapora ini.

Baca Juga :

Pertengahan, atau akhir November, Wawan menyebut akan kembali menggelar survey di Batu. Selain melihat para paslon bekerja, merekonstruksi citra, dan bagaimana meraih simpati rakyat, pihaknya juga ingin melihat dinamika masyarakat saat pilwali.

“Kami ingin melihat aspirasi masyarakat seperti apa perubahan yang diinginkan termasuk mengukur tingkat toleransi terhadap politik uang,” jelasnya. (Gpl)

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dosen FISIP UB Bagi Tips Polling dan Riset Pilwali Batu

Menuju pilkada Kota Batu 2017 mendatang, tim dosen dari Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)...

Close