Indonesia dan Finlandia Bersama Memajukan Kualitas Riset, Inovasi dan Pendidikan Tinggi

Infokampus.news – Duta Besar Finlandia YM Paivi Hiltunen-Toivio, didampingi oleh Dr.  Pasi Kaskinen, ‘Excutive Vice President, Finland University’, Dr. Minna Makihonko, ‘Senior Adviser Finland University Colleagues’, Prof.  Hafid Abas melaksanakan kunjungan kehormatan kepada YM Prof Mohamad Nasir,  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Selasa (7/2).

Dalam diskusi tersebut, Menristekdikti Nasir memberikan apresiasi kepada Pemerintah Finlandia,  karena sejak ditanda-tanganinya Perjanjian Kerjasama Ilmu Pengetahuan,  Teknologi dan Inovasi bersama Menteri Krista Kiuru, Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia di Helsinki 26 April 2015, telah banyak kemajuan yang dihasilkan.

Adapun hasil pertemuan dan perjanjian ini ditindak lanjuti dengan; (i) Lokakarya bersama tentang pengembangan riset bis listrik dan ‘power generation unit (PGU) di Indonesia, (ii) kunjungan pimpinan Perguruan Tinggi ke Finlandia (UNHAS,  UGM,  UPI,  UI, IPB) yang tertarik untuk mendalami bidang riset dan pendidikan pertanian,  lingkungan hidup,  kesehatan,  teknologi informasi dan komunikasi, September 2015. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Prof Ainun Na’im, (iii) Pertemuan dan diskusi tentang revitalisasi pendidikan tinggi: ‘enhancing the quality of teaching in Indonesia’,  dimana Dr.  Pasi dari ‘University of Finland’ menginformasikan bahwa sejumlah perguruan tinggi Indonesia telah menjalin kerjasama pendidikan tinggi di Finlandia,  dan merencanakan akan diadakan ‘Kick off’ di akhir Februari atau awal Bulan Maret 2017.

Menristekdikti Nasir menyambut gembira rencana tersebut, dan menunjuk Direktur Jenderal Kelembagaan IptekDikti Dr Patdono Soewignyo dan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa Prof. Intan Ahmad untuk menindak lanjuti program ini.

Lebih lanjut Direktur Jenderal Patdono Soewignyo mengatakan bahwa inisiatif ‘revitalisasi program pendidikan tinggi,  khususnya untuk pendidikan tinggi vokasi’ akan menentukan masa depan generasi emas bangsa Indonesia dan saat ini di Indonesia merupakan program utama.  Finlandia yang dikenal sangat maju dalam bidang pendidikan,  diyakini akan menjadi salah satu mitra handal Indonesia dalam pelaksanaan program revitalisasi pendidikan tinggi, termasuk pendidikan tinggi vokasi. (FAM)

 

Sumber: Kemenristekdikti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BeHafizh Aplikasi Hafalan Al-Qur’an Canggih Buatan Mahasiswa UGM!

Namun, acap kali seorang muslim tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dan mengulang hafalan Al-Qur'an karena berbagai kesibukan.

Close