Luar Biasa! 8 Kampus Indonesia Masuk Top 25 Peringkat Kampus ASEAN

Infokampus.news – Salah satu lembaga yang menilai akreditasi kampus-kampus di dunia, 4 International Colleges and Universities (4ICU) baru saja merilis daftar terbaru kampus-kampus terbaik di dunia. Dari daftar tersebut, beberapa kampus asal Indonesia berhasil masuk ke jajaran 25 besar peringkat kampus ASEAN.

4ICU merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan popularitas situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.

Melihat kapasitas lembaga 4ICU yang baik, maka daftar kampus yang dirilis tentu telah memenuhi kriteria tertentu yang menjadikan kampus tersebut layak untuk dinilai sebagai terbaik. Tak terkecuali dengan kampus-kampus di Indonesia yang makin hari makin menunjukkan tajinya di ranah masyarakat internasional.

Hmm daripada lama-lama, yuk kita saksikan daftar kampus terbaik Indonesia di kancah Asia Tenggara versi 4ICU rilisan Januari 2018.

Kampus Indonesia di 25 Besar Peringkat Kampus ASEAN
1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Dedengkot Bulaksumur School ini berhasil menempati peringkat pertama di Indonesia versi 4ICU kali ini. Di tingkat Asia Tenggara sendiri, UGM duduk manis di peringkat 3 dan peringkat 51 di level Asia.

2. Universitas Indonesia (UI), Jakarta

Universitas Indonesia (UI), Jakarta

Runner-up kampus terbaik tanah air ditempati oleh UI. Kampus ibu kota ini menduduki peringkat 6 ASEAN dan peringkat 79, mengungguli beberapa kampus dari Negeri Jiran.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

Yogyakarta semakin menisbahkan dirinya sebagai kota pendidikan terbaik di Indonesia dengan mengirimkan satu lagi wakilnya di posisi ketiga terbaik di Nusantara. Peringkat 12 di ASEAN seolah mengirim sinyal ke Indonesia bahwa Jogja bukan hanya UGM.

4. Universitas Brawijaya (UB), Malang

Universitas Brawijaya (UB), Malang

UB masih terbaik di timur Jawa! Dengan menduduki peringkat 4 se-Indonesia, 17 di ASEAN dan 162 di Asia cukup menjadi bukti nyata bahwa kampus terbaik tidak melulu berasal dari kota besar.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Kembali ke ibu kota dan sekelilingnya, IPB mewakili Bogor dalam ajang kampus terbaik di ASEAN ini. Saat ini, ia sedang duduk manis di peringkat 20 ASEAN dan peringkat 172 se-Asia. Kota Hujan dihujani prestasi, euy!

6. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

Melipir pelan ke utara Jawa, ada UNDIP yang berhasil menduduki peringkat 6 se-Indonesia. Kampus yang berbasis di Tembalang ini berada di peringkat 21 ASEAN, tepat satu strip di bawah IPB. Sedangkan untuk tingkat Asia, UNDIP tempati peringkat 181.

7. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo

Masih di Jawa Tengah, kali ini adalah kampus dari kota kelahiran Presiden Jokowi. UNS berhasil sabet peringkat tujuh se-Indonesia. Kampus yang berdiri anggun di sisi perbatasan kota ini berada di posisi 23 di Asia Tenggara, dan peringkat 186 tingkat Asia.

8. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan

Universitas Sumatera Utara

Bosan dengan dominasi kampus Jawa di Indonesia, USU hadir untuk mengganggu dominasi itu. Tercatat USU adalah kampus luar Jawa yang berhasil masuk di Best 25 di Asia Tenggara dan peringkat 193. Selamat USU!

Nah, itu tadi merupakan 8 kampus di Indonesia yang berhasil menunjukkan tajinya di dunia internasional. Dengan adanya pemeringkatan seperti ini, harapan kita sebagai bagian dari kampus adalah turut berpartisipasi menghasilkan karya-karya yang membanggakan almamater.

Oke, semoga bermanfaat! (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Bidikmisi Is Back! Catet Timeline Beasiswa Program Bidikmisi 2018
Bidikmisi Is Back! Catat Timeline Beasiswa Program Bidikmisi 2018

Buat kamu calon mahasiswa yang sedang bingung mikirin biaya kuliahnya yang cukup tinggi, mungkin program Bidikmisi 2018 bisa jadi solusimu....

Close