Indonesia Miliki 3 Perguruan Tinggi Kelas Dunia, Menristekdikti Targetkan IPB dan Unair Menyusul di Tahun 2024

Infokampus.news – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengatakan target perguruan tinggi kelas dunia yang dimiliki Indonesia masih kurang. Saat ini Indonesia masih memiliki 3 perguruan tinggi yang menjadi kelas dunia dan bertaraf Internasional di tahun 2019.

Muhammad Natsir menjelaskan tiga PTN yang masuk ke dalam perguruan tinggi kelas dunia yakni Universitas Indoensia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada. Sementara dua kampus lain yang program studinya sudah masuk kedalam 500 dunia yakni Institut Pertanian Bogor dan Universitas Airlangga.

“yang belum tercapai yakni perguruan tinggi kelas dunia, target kami empat dalam lima tahun terakhir, tapi sekarang baru tiga kampus yang masuk ke dalam perguruan tinggi kelas dunia.” Ungkap Nasir lebih lanjut.

Indonesia patut berbangga diri karena memiliki IPB yang mendapatkan peringkat 70 dunia, sedangkan untuk Universitas Airlangga program studi kedokteran menempati peringkat 102 dunia.

“kalau untuk program studi sudah bagus, namun untuk institusi masih belum. ini yang pelru kita dorong. kami harap dua kampus ini IPB dan Universitas Airlangga bisa masuk ke dalam perguruan tinggi kelas dunia dalam waktu dekat.”

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Selain itu ada perguruan tinggi lain yang terus didorong untuk nantinya bisa masuk epringkat dunia. Misalnya saja Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Hasanuddin.

Harapan Kemenristekdikti sejumlah program prioritas untuk periode mendatang yakni meningkatnya jumlah pegrruuan tinggi kelas dunia, riste yang meningkat jumlahnya dan semakin banyaknya inovasi yang menjadi produk industri.

Karena sampai saat ini baru ada lebih kurang 34.000 penelitian, diharapkan pada tahun 2024 jumlahnya meningkat mencapai 50.000-60.000 riset.

“Riset harus makin bagusm harus meningkat.  di Asia bisa masuk 10 besar. ini yang perlu ditingkatkan” Ujar Nasir. (Edt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.