Industri Musik Malang Berpotensi Menasional, Sayang Jalan di Tempat

Infokampus.news, Malang – Industri musik Indie daerah diyakini bisa masuk ke ranah industri musik nasional. Owner Grim Studio Yobbi Ananta menyebut bahwa Industri musik yang digawangi oleh anak muda termasuk mahasiswa ini berpotensi menembus pasar nasional.

“Materi musik musisi Malang ini sangat bisa untuk menembus nasional. Jadi, jangan takut untuk terus berkreasi saja dibidang musik,” kata Yobbi saat mengisi acara Festival Mbois yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

Sayangnya menurut Yobbi, saat ini wadah-wadah musisi malang seperti band, komunitas ataupun label rekaman belum ada yang mengambil langkah membangun koneksi dengan jaringan industri musik di nasional.

Adanya Pergeseran Tren, Industri Musik Malang Masih Jalan di Tempat

Sementara itu, owner Confuse Record Ook mengatakan bahwa tren industri musik di Malang saat ini harus bersaing dengan industri fashion, karena paradigma musisi Malang kini lebih mengedepankan produksi merchandise seperti kaos, jaket, topi, dan lain-lain dibanding dengan membuat karya seperti lagu ataupun album.

“Contoh nyatanya, distro saat ini sudah banyak yang tidak lagi menjual kaset tapi cuma kaos-kaos band. Padahal distro itu maksud awalnya adalah penyalur karya musisi indie yang tidak bisa masuk ke toko musik,” ungkap Ook.

Baca Juga :

Hal itu pula yang menurutnya menjadikan musik indie Malang sekarang seperti jalan ditempat. Tidak banyak menyalurkan karya dan cenderung lebih ingin memasarkan lewat performa live saja.

Bingung Penyaluran Karya? Pemerintah Siap Bantu

Lebih lanjut, Ook juga berpendapat salah satu kekurangan Industri musik indie Malang ini adalah kurangnya dorongan untuk mempromosikan karya mereka. Hal tersebut dikarenakan masih banyak yang bermain pada zona aman mereka. Imbasnya pada karya musisi tersebut yang hanya dinikmati orang-orang yang itu itu saja.

“Jiwa promo anak anak malang ini masih kurang sebenarnya, sukanya nimbrung sama komunitas yang itu-itu saja sehingga yang nikmati ya itu itu tok,” paparnya.

Yobbi lantas mengajak para musisi indie di Malang agar lebih menjalin koneksi lagi dengan pemerintah Kota Malang. Karena menurutnya, pemerintah pasti akan membantu industri kreatif di kota Malang untuk terus berkembang mencapai tingkat nasional

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UI Juara Kompetisi Mobil Hemat Energi

Mahasiswa UI yang diwakili oleh 2 tim berhasil meraih 2 medali emas sekaligus menjadi Juara Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE)...

Close