INFOKAMPUS.NEWS : jurusan kuliah dan prospek berkarier di bidang Seni

INFOKAMPUS.NEWS – Sobat fokus tertarik kuliah di Jurusan Seni?  Berikut ini adalah deskripsi  jurusan kuliah dan prospek untuk Sobat Fokus berkarier di bidang Seni. Simak ya!

FAKULTAS DAN JURUSAN/PRODI

Fakultas di bidang seni secara umum ada tiga yaitu Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, serta Fakultas Seni media rekam.

Nah, untuk Fakultas Seni pertunjukan sendiri ada jurusan/prodi Seni Tari, seni karawitan, seni musik, seni teater dan etnomusikologi.

Sedangkan di fakultas seni rupa terdapat jurusan/prodi  seni murni, kriya seni, desain interior dan Desain Komunikasi Visual.

Pada Fakultas Seni media rekam sendiri terdapat jurusan/prodi fotografi dan televisi.

 

GAMBARAN YANG DIPELAJARI DI FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

Pada seni tari, Sobat Fokus  akan meneliti dan menganalisis tari serta mengkomunikasikannya melaluin karya tulis dengan pendekatan tekstual dan atau kontekstual yang didukung oleh kemampuan menari dan menata tari.

Lulusan prodi ini bisa menjadi penari, pelatih tari, koreografer, kritikus seni, peneliti seni dan budaya, penulis, dosen, penilik kebudayaan, wirausahawan seni, pegawai di Depdiknas, Depdagri, Taman Budaya.

Selanjutnya pada jurusan/prodi  Seni Karawitan, Sobat Fokus akan menguasai teknik-teknik menabuh gamelan, melalui lagu-lagu gending yang telah ada, menguasai teknik dan ornamen vokal karawitan.

Lulusan prodi ini berpeluang menjadi komposer, pengrawit, kritikus seni, peneliti seni dan budaya, penulis, dosen penilik kebudayaan, wirausahawan seni, pegawai di Depdiknas, Depdagri, Taman Budaya.

Khusus seni musik, Sobat Fokus akan menguasai, meneliti dan menganalisis musikologi, musik pendidikan, musik pertunjukan, dan mampu menyajikan aransemen dan komposisi musik.

Kompetensi lulusan prodi  ini dibutuhkan untuk menjadi komposer, pemusi, penata musik pertunjukan dan film, guru musik, kritikus musik, peneliti musikologi, penulis, dosen, wirausahawan seni, pegawai di Depdiknas, Depdagri, Taman Budaya.

Sedangkan saat Sobat Fokus kuliah di jurusan/prodi  Seni Teater, maka Sobat Fokus  dapat menguasai teknik-teknik dramaturgi, penyutradaraan, penataan artistik, pemeranan, dan penulisan naskah.

Lapangan kerja bagi lulusan prodi ini sangat luas, seperti sutradara, aktor, penata artistik, penulis lakon drama, dan skenario film, perancang busana dan pentas, kritikus film, peneliti film dan drama, penulis, dosen , penilik kebudayaan,wirausahawan seni, pegawai di Depdiknas, Depdagri, Taman Budaya.

Selanjutnya, jurusan/prodi Etnomusikologi, Sobat Fokus dapat menguasai, meneliti dan menganalisis pengkajian dan penciptaan musik etnik.

Karier sebagai peneliti musik etnik, penulis, dosen, penilik kebudayaan, wirausahawan seni, pegawai di Depdiknas, Depdagri, Taman Budaya.

Bagaimana Sobat Fokus tertarik kuliah di Jurusan Seni? (Rfl)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *