Libur Lebaran Adalah Jeda yang Menyenangkan Bagi Mahasiswa Rantau

Infokampus.news, Malang – Bagi sebagian besar mahasiswa di seluruh Indonesia, merantau adalah hal yang jamak dilakukan. Alasan karena menuju tempat kuliah yang lebih prestisius dari daerah asal membuat ribuan mahasiswa berbondong-bondong meninggalkan kampung halaman untuk menyongsong masa depan yang ingin digapai. Maka dari itu, mahasiswa rantau adalah fenomena yang jamak terjadi. Pergi, lalu pulang saat liburan adalah hal yang amat sangat didambakan oleh seluruh mahasiswa rantau.

Ya, liburan! Itulah yang sering diharapkan oleh Ale, mahasiswa Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mahasiswi asal Maluku ini sangat merindukan tanah kelahirannya yang nan jauh disana. “Kangen, tapi jauh. Makanya libur lebaran itu kesempatan emas!.”, ujar Ale.

Menurut Ale, orang-orang ‘jauh’ sepertinya tidak serta merta dapat pulang sebulan sekali karena biaya transportasi yang cukup mahal. Makanya, libur lebaran adalah kesempatan emas karena hanya sekali dalam setahun. Kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh Ale dan beberapa temannya yang selalu memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. “Bahkan kalau ada acara dadakan di kampus, kami nggak peduli. Pokoknya pulang!”, tutur Ale berbinar.

Apa yang dilakukan mahasiswa rantau di kampung halaman saat libur lebaran?

Apa yang dilakukan mahasiswa rantau di kampung halaman saat libur lebaran?_1528523250091

Alicia, mahasiswi Ilmu Komunikasi 2016 Universitas Brawijaya (UB) menuturkan bahwa libur lebaran adalah saat yang menyenangkan pada masa jeda kuliah. Baginya, ia dapat bertemu keluarga besar yang jarang ditemuinya.

“Kalau liburan lainnya kan belum tentu sama, ya. Tapi kalau lebaran itu semuanya hari liburnya sama dari SD sampai orang kerja. Jadi bisa ketemu sepupu jauh, om tante dan itu seru banget!”, kata mahasiswi asal Jakarta ini.

Tak hanya sebagai ajang silaturahmi jumpa keluarga besar, libur lebaran bisa jadi ajang untuk mempersiapkan hal-hal penting menjelang masa aktif kuliah lagi. Salah satunya seperti yang diceritakan oleh Wicak, mahasiswa asal Bogor.

“Libur lebaran itu adalah saat dimana ide-ide segar menyatu dan modal terkumpul. Menurutku sih bisa jadi saat untuk merencanakan bisnis, start up, dan lain-lain. Selain itu juga bisa ketemu sepupu, temen lama, terus sharing-sharing dan bisa jadi ide penting yang harus segera dieksekusi.”, tandasnya.

Yap, libur lebaran memang akan selalu jadi primadona liburan di Indonesia karena saking panjangnya bisa bertemu dengan banyak orang. Maka dari itu, penting bagi mahasiswa seperti kita untuk selalu produktif dalam liburan dan mempersiapkan diri menjadi sosok yang tangguh nanti setelah liburan usai. (sig)

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mari Pulang, Marilah Pulang Bersama-sama Intip Tips Mudik 2018 Buat Mahasiswa Sejati
“Mari Pulang, Marilah Pulang Bersama-sama” Intip Tips Mudik 2018 Buat Mahasiswa Sejati

Hai Sobat Fokus sekalian. Kali ini FoKus akan berbagi informasi seputar tips mudik 2018 buat kalian yang mengaku sebagai mahasiswa...

Close