INFOKAMPUSNEWS: Mengenal Lebih Dekat Universitas Padjajaran

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Padjadjaran (UNPAD) adalah salah satu anggota Nationwide University Network in Indonesia (NUNI). NUNI adalah Kolaborasi strategi antara universitas-universitas di Indonesia dengan tujuan menciptakan nila-nilai akademik yang gemilang melalui mobilitas penelitian, fakultas dan mahasiswanya. NUNI dapat menciptakan peluang pada tingkat dimana setiap anggotanya mampu mencapai  jika dilakukan secara sendiri atau melalui kolaborasi bilateral.

Era Globalisasi terutama dalam pendidikan, meningkatkan kompetisi antar Universitas di dunia. Sehingga,Universitas-Universitas di Indonesia perlu menjallin kerjasama secara nasional. Diperlukan kolaborasi dalam hal strategi untuk meningkatkan sumber daya yang ada sehingga berdampak pada penelitian akademik terkait dengan isu-isu nasional. Universitas-universitas di Indonesia  perlu melakukan upaya promosi dan meningkatkan penelitian, peningkatan fakultas dan mahasiswa itu sendiri.
21 Universitas yang tergabung sebagai Deklarator NUNI telah siap untuk menjalankan program-program yang telah direncanakan. Komitmen dan keinginan kuat untuk bersama-sama melakukan kegiatan adalah bagian dari perencanaan Universitas menuju keunggulan dalam persaingan global dan bagian dari perjalanan menuju World Class University.

UNPAD didirikan pada tanggal 11 September 1957 melalui Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1957, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957.

Baca Juga :  Bukan Film Superhero! Psikolog Ungkap Alasan kenapa Anak Dilarang Menonton Film Joker

UNPAD didirikan atas dorongan para pemuka masyarakat Jawa Barat yang berharap  adanya perguruan tinggi sebagai  tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi sebagai persiapan menjadi pemimpin di masa depan.

Universitas Padjajaran (UNPAD) merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Universitas ini berdiri sejak 11 September 1957 di Bandung, Jawa Barat.

Beberapa tokoh penting di Indonesia yang merupakan alumni UNPAD diantaranya adalah: Agum Gumelar,  Abdullah Gymnastiar, Megawati Soekarnoputri, Hotman Paris Hutapea, Ruhut Sitompul, Pramono Anung

UNPAD pada awal berdirinya memiliki 4 fakultas, dan saat ini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program pascasarjana. Program yang ditawarkan Unpad meliputi program doktor (S3) terdiri dari 9 program studi, program magister (S2) terdiri dari 19 program studi, 2 program spesialis, 5 program profesi, dan program strata I (S1) terdiri dari 44 program studi, Program Diploma III (D3) terdiri atas 32 program studi dan Program Diploma IV (D4) terdiri atas 1 program studi. Unpad juga memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebagai wadah untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *