Ingin Bisa Lancar Bahasa Inggris? Ini Cara Mudahnya!

Infokampus.news – Tidak bisa dipungkiri, lancar bahasa Inggris menjadi salah satu modal utama untuk berkarir maupun bersekolah atau kuliah.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, seperti membaca novel dalam Bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle atau dengan subtitle  Bahasa Inggris, rajin buka kamus atau googling, atau cari teman untuk bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris.

Secara teori, semua terdengar seolah-olah sederhana dan mudah. Namun nyatanya banyak yang merasa bingung karena tips-tips tersebut dirasa masih abstrak dan sulit menerapkannya.

Tips Lancar Bahasa Inggris Ala Nessie Judge

Kali ini, Infokampus.news telah merangkum tips lancar berbahasa Inggris ala vlogger Indonesia, Nessie Judge. Berbeda dengan tips-tips umum yang biasa beredar, berikut ini adalah tips teknis agar kamu bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar. Simak baik-baik, ya!

 

1. Berbicara dengan Diri Sendiri

Meskipun mungkin terkesan aneh dan bisa-bisa dianggap seperti orang gila, cara ini cukup ampuh untuk membiasakan kamu agar lancar berbicara dengan orang lain. Syaratnya hanya satu: harus dalam Bahasa Inggris. Ketika kamu sering berbicara sendiri dalam Bahasa Inggris, kamu akan terbiasa untuk berpikir dalam Bahasa Inggris dan akhirnya banyak hal yang secara refleks akan kamu ungkapkan dalam Bahasa Inggris pula!

 

2. Siap Malu

Ketika kamu belajar berbahasa Inggris dan mencoba menerapkannya dengan orang-orang di sekitarmu, sedikit banyak pasti akan ada kesalahan entah dalam hal grammar, pronunciation, dan lain-lain. Ketika hal itu terjadi, jangan gengsi kalau ada yang membetulkan, jangan kesal kalau ada yang mengoreksi, dan jangan sakit hati kalau ada yang menertawakan. Kalau kamu menyerah hanya karena omongan orang lain kapan mau bisa lancar sementara berlatih saja tidak, bener nggak?

 

3. Meniru

Meniru seperti apa, sih? Jadi, ketika kamu mendengar seseorang yang bisa lancar bahasa Inggris atau bahkan native speaker sedang berbicara Bahasa Inggris, tirukan dan tanamkan dalam memori otakmu. Sebab ketika kamu terbiasa akan hal ini, lama-lama kalimat ini akan terkumpul di otakmu dan akan keluar dengan sendirinya tanpa kamu harus memikirkan bagaimana struktur grammar yang benar.

 

4. Tingkatkan Intensitas Belajar,  Bukan Lama Waktu Belajar

Intensitas belajar bekerja jauh lebih efektif daripada lama waktu belajar. Jika kamu belajar atau les bertahun-tahun tapi hanya bertemu seminggu sekali atau dua kali saja, maka hasilnya tidak seberapa dibanding ketika kamu belajar secara intensif setiap hari selama dua bulan. Kenapa? Karena jika belajar seminggu sekali saja, kebanyakan masuk kuping kanan keluar kuping kiri, yang dipelajari pun mayoritas teori. Sementara itu, kalau kamu belajar intensif selama sebulan saja namun setiap hari praktik berbicara dalam Bahasa Inggris, kamu akan jauh lebih lancar Bahasa Inggris daripada bayar les mahal-mahal tapi tidak intensif!

 

5. Hafalkan 100 Kata di Sekitarmu

Tak perlu muluk-muluk, mulailah dari hal yang paling dekat denganmu. Seperti contoh, hafalkan kosa kata tentang benda-benda di kamarmu, atau benda yang kamu temui setiap hari. Jika kamu hobi fotografi, mulailah dengan mengenal perbendaharaan kata dalam dunia fotografi. Jika kamu suka memasak, hafalkan kosa kata peralatan dapur dan bahan-bahan makanan. Trust me, it works!

 

6. Temukan Polanya

Merujuklah dari kalimat yang kamu yakin sudah benar. Jika kamu mengetahui pola struktur suatu kalimat dan kamu yakin itu sudah benar, coba terapkan pola yang sama untuk membuat kalimat yang berbeda. Contoh: Ketika kamu yakin bahwa struktur “I’m going to the market” itu sudah benar, maka cobalah untuk menggunakannya dalam situasi berbeda seperti “I’m going to the mall” atau “I’m going to your house now”. Jika kamu terbiasa dengan hal ini, maka secara otomatis otakmu tidak lagi sekadar menyimpan perbendaharaan kata, melainkan juga perbendaharaan kalimat. Keren kan?

 

7. Pergilah ke Tempat yang Mengharuskan Kamu untuk Berbahasa Inggris

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menabung. Simpan uang kamu dan pergilah ke negara yang mengharuskan kamu untuk menggunakan Bahasa Inggris. Ke negara-negara Eropa? Amerika? Australia? Bukan! Tidak perlu jauh-jauh, Singapura pun menggunakan Bahasa Inggris, lho. Kamu cukup dua minggu di sana, aktif bercakap-cakap dengan berbahasa Inggris, dijamin kelancaran speaking-mu akan meningkat secara signifikan!

 

Itu tadi 7 cara mudah untuk memperlancar speaking skill kamu dalam Bahasa Inggris ala Nessie Judge. Selamat mencoba! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sudah Gerus Etika, Yudi Latif Was-Was Teknologi Bikin Manusia Ateis

Yudi Latif was was teknologi bikin manusia jadi atheis, setelah sebelumnya sukses membuat generasi muda di Indonesia

Close