Ingin daftar Seleksi Mandiri ITB? Begini Cara Daftarnya

infokampus.news – Untuk para peserta SBMPTN yang dinyatakan tidak lolos jangan kecewa. Masih ada kesempatan untuk tetap mengejar PTN favorit melalui seleksi mandiri. Salah satu PTN yang membuka jalur seleksi mandiri yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tujuan diadakannya seleksi mandiri ini yaitu untuk menjaring mahasiswa berpotensi yang gagal dalam jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Berikut cara mendaftar seleksi mandiri ITB:

  1. Peserta seleksi mandiri ITB tahun 2019 mengikuti melakukan pendaftaran online di situs resmi ITB https://usm.itb.ac.id yang akan mulai dibuka pada tanggal 17 Juni sampai 12 Juli 2019.
  2. Mengisi nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor semester 1 sampai semester 6 pada laman resmi ITB.
  3. Peserta mengisikan nomor peserta dan nilai UTBK SBMPTN. Selanjutnya peserta juga harus mengunggah sertifikat UTBK SBMPTN 2019.
  4. Peserta kemudian diminta memilih program studi yang akan dituju.
  5. Peserta juga diminta mengunggah scan akta kelahiran asli, pas foto berwarna terbaru, ijazah, dan surat keterangan lulus sementara.
  6. Peserta diminta melunasi biaya pendaftaran ke nomor rekening yang sudah tercantum pada laman resmi pendaftaran seleksi mandiri ITB 2019. Biaya pendaftaran seleksi mandiri ITB selain Fakultas Seni Rupa dan Desain sebesar RP 100.000, untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain sebesar Rp 150.000 dan bagi pendaftar bidikmisi tidak dikenakan biaya, hanya saja harus mengunggah hasil scan Kartu Peserta Beasiswa Bidikmisi (mencantumkan Nomor Peserta Bidikmisi yang keluarkan oleh https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.
  7. Catatan khusus bagi peserta yang yang memilih sekolah/fakultas/program studi tertentu diminta mengunggah surat keterangan bebas buta warna (total dan parsial) dari dokter spesialis mata. Adapun sekolah/fakultas/program studi yang dimaksudkan adalah :
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
  • Sekolah Farmasi
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (kampus Ganesa)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (kampus Cirebon)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (kampus Ganesa)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (kampus Cirebon)
  • Program Studi Kimia (FMIPA)
  • Program Studi Teknologi Pasca Panen
  • Program Studi Teknik Geologi
  • Program Studi Teknik Kimia
Baca Juga :  Halo rek! Iniloh Persyaratan Beasiswa GEMAS dari Pemkot Surabaya

Selamat mencoba ya Sobat FoKus! (Sil)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *