Ingin Kuliah Teknik Namun Penderita Buta Warna? ini 2 Hal yang Harus Kamu Ketahui

INFOKAMPUS.NEWS – Memendam impian ingin kuliah di jurusan teknik namun terkendala dengan buta warna?  Hal ini tentu menjadi kecemasan bagi kamu yang memiliki gangguan buta warna, jadi apa penderita buta warna harus mengubur impiannya kuliah di teknik ?

Buta warna parsial adalah gangguan dimana orang kesulitan melihat warna-warna tertentu. Buta warna terjadi karena faktor genetik. Karena sebagus-bagusnya kemampuan akademik, kalau ketahuan buta warna parsial tetap nggak lolos administarasi.

Pemberlakuan persyaratan bebas buta warna bukanlah tanpa alasan. Ketentuan ini dibuat agar mahasiswa nggak mengalami kesulitan dalam mengkategorikan warna. Untuk beberapa jurusan teknik akan banyak bersinggungan dengan warna. Nggak bisa mengidentifikasi satu warna saja bisa berakibat fatal.

Dilansir melalui anakteknik.co.id, penderita buta warna parsial masih bisa mendaftar di jurusan teknik. ada beberapa jurusan teknik yang masih bisa mentoleransi buta warna parsial diantaranya teknik mesin, teknik sipil dan teknik lingkungan.

Sementara untuk yang tidak bisa menerima penderita buta warna sama sekali yakni teknik elektro, teknik industri, teknik kimia, teknik pertambangan, teknik perminyakan, teknik biomedis, teknik geofisika, teknik geologi dan lain-lain. alasanyya karena seluruh jurusan teknik yang tidak bisa menerima penderita buta warna sepanjang perkuliahan diperkenalkan pengenalan warna baik gambar, kode maupun wujud benda.

Baca Juga :  FK UI dan IPB Sebut Jambu Biji Berpotensi Cegah Virus Corona

Sobat FoKus bisa menanyakan langsung perguruan tinggi atau cari informasi lebih banyak. coba dibandingkan satu dengan lainnya, biasanya tiap perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda-beda perihal buta warna.

Ada baiknya sebelum mendaftar, tanyakan ke bagian humas perguruan tinggi tentang aturan bebas buta warna. Jurusan mana saja yang mengijinkan mahasiswanya memiliki buta warna parsial. Dengan begitu bebanmu bisa sedikit longgar. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *