Ingin Langsung Kerja Setelah Kuliah? Simak 7 Sekolah Kedinasan Selain STAN Ini!

Infokampus.news – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN) atau yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan STAN, merupakan primadona dari sekolah ikatan dinas atau kedinasan mengingat betapa tingginya animo masyarakat terhadapnya. STAN juga bereputasi baik dengan menelurkan sejumlah nama-nama besar yang aktif dalam jajaran kementerian dan departemen-departemen pemerintahan lainnya. Namun sebagian masyarakat tidak tahu, ternyata ada lho sekolah kedinasan selain STAN yang juga tak kalah berkualitas!

Sekolah Kedinasan Selain STAN, Tak Kalah Berkualitas

Apa sih sebenarnya sekolah kedinasan itu? Jadi, sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sebagai contoh, STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Departemen Keuangan, STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik, dan AMG berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Keunggulan sekolah kedinasan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain antara lain biaya kuliah yang terjangkau, bahkan gratis dan fasilitas ikatan dinas yang menjamin lulusannya bisa langsung bekerja setelah menyelesaikan pendidikannya, bahkan bisa langsung diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Apa saja di antaranya? Yuk simak baik-baik.

1. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Bagi kalian pecinta statistik khususnya tentang kependudukan, pertimbangkan sekolah kedinasan ini. Sekolah tinggi kedinasan langsung kerja yang satu ini bernaung di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, lulusan STIS akan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di BPS. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik mulai didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS). STIS berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta. STIS berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS).

2. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah Tinggi Sandi Negara mulai membuka pendidikan pada tahun 2002. STSN merupakan sekolah tinggi persandian satu-satunya di Indonesia. STSN mempunyai dua Prodi yaitu Prodi Teknik Persandian dan Prodi Manajemen Persandian. Prodi Teknik Persandian memiliki dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi. Pendaftaran online sekolah tinggi kedinasan ini dibuka sekitar bulan Maret sampai April tiap tahunnya. STSN berlokasi di Jl. Raya H. Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng Bogor, Jawa Barat.

3. AKMIL (Akademi Militer)

Sekolah tinggi kedinasan akmil adalah sekolah tinggi kedinasan pendidikan TNI Angkatan Darat yang berdiri pada 31 Oktober 1945 yang mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Bagi kalian yang bercita-cita menjadi perwira calon pemimpin di TNI Angkatan Darat maka inilah akademi yang harus kalian tuju. AKMIL berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

4. AKPOL (Akademi Kepolisian)

Sekolah Akademi Kepolisian merupakan lembaga pendidikan kepolisian yang berada dibawah naungan Kalemdikpol. AKPOL merupakan sarana lembaga pendidikan untuk mencetak perwira POLRI. AKPOL ini cocok buat kalian yang bercita-cita menjadi pelindung dan pengayom masyarakat serta bagian dari aparat penegak hukum. AKPOL berlokasi di Jl. Sultan Agung no. 131 Candi Baru Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

5. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan lembaga pendidikan yang berdiri sejak tahun 1990 yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Buat kalian yang mempunyai angan ingin menjadi kepala daerah demi memajukan negara melalui pembangunan daerah, inilah yang kalian cari. Lokasi IPDN terletak di Jatinangor, Jawa Barat, Indonesia.

6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah tinggi kedinasan STIN berada dibawah naungan Badan Intelijen Negara. Ini nih tempat yang pas buat kalian yang mengidolakan James Bond dan ingin mengikuti jejaknya sebagai agen intelijen. Namun bersiaplah untuk tidak dikenal, tidak terkenal bahkan tidak diketahui keberadaannya, namanya juga agen rahasia. Namun jangan khawatir, sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga merupakan sekolah tinggi kedinasan yang menjamin lulusannya langsung kerja setelah menuntaskan pendidikan. Sekolah yang masuk dalam jenis perguruan tinggi kedinasan ini berada di daerah Sentul Bogor, Jawa Barat.

7. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)

Sekolah tinggi kedinasan STPN beralamat di Jl. Titibumi Gamping, Banyuraden, Gambing Kabupaten Sleman, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta. STPN ini adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Tertarik untuk mendaftar di salah satu sekolah kedinasan tersebut? Cari tahu lebih lanjut di laman resminya, dan rajin-rajinlah mengikuti perkembangan Infokampus.news ya! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Motor Mogok Susah Cari Bengkel? Para Mahasiswa Ini Coba Bikin Aplikasi Unik Ini

Motor mogok memang hal yang paling ditakuti para pengguna jalan. Apalagi para pengendara jarak jauh yang kerap

Close