INGIN LANJUT KULIAH DI LUAR Negeri Gratis? YUK SIMAK BEASISWA LPDP!

Infokampus.news, Malang – Untuk kamu yang mempunyai rencana melanjutkan studi ke jenjang Magister & Doktor, Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mungkin bisa menjadi tawaran menarik buat kamu. Beasiswa LPDP ini dibuka untuk siapapun yang berkewarganegaraan Indonesia. Persyaratannya pun mudah yaitu Ijazah, Transkrip Nilai, skor TOEFL arau IELS serta membuat essay dengan 500-700 kata

“Essaynya dibagi menjadi tiga tema, yang pertama perencanaan studi, kedua sukses terbesar yang pernah didapat, dan ketiga apa saja yang sudah atau akan dilaksanakan kedepannya,” jelas Aditya, Alumni LPDB kepada Infokampus.

Tidak Cukup Akademis Yang Baik, Juga Harus Aktif

Meskipun kamu mempunyai nilai akademis yang baik, ternyata itu bukan jaminan kamu bisa mendapatkan beasiawa LPDP loh. Menurut Aditya, LPDP tidak mengambil sisi akademis saja tetapi juga diperlukan adanya jiwa kepemimpinan yang baik dan keaktifan kamu ketika di bangku sekolah maupun kuliah. Jadi menurutnya, mulai mulai aktif dibanyak kegiatan dari sekarang. Karena itu akan menjadi nilai yang sangat membantu dalam mendapatkan beasiswa LPDP.

Baca Juga :

“Jadi saran dari saya, nanti di admistrasinya tuliskan saja pengalaman yang pernah dilakukan. Bahkan yang menurut kamu pengalamannya kecil, tapi tetap tuliskan saja. Karena itu tetap akan dilihat oleh penguji saat interview nanti,” paparnya.

Ilmu Sosial Susah dapat LPDP? Tidak Juga!

Apakah sulit bidang Ilmu Sosial mendapatkan beasiswa? Aditya tidak setuju dengan hal tersebut. Menurutnya, semua kemungkinan sama asal akreditasi program studi yang sedang dijalani berada pada tingkatan B sampai A. Selama masih dalam persyaratan tersebut, dirinya yakin beasiswa tidak akan sulit untuk diraih.

”Kalau saya mencontohkan dulu ada teman di FISIP yang berkas administrasinya sudah dinyatakan lolos, tetapi tidak jadi dikarenakan program studi yang sedang dijalanninya masih berakreditasi C,” jelasnya.

Ingin Dapat Beasiswa LPDP? Ini Tips Dari Alumi LPDP

Sedikit memberikan tips, Aditya mengungkapkan kunci utama untuk lolos interveiw nanti adalah kejujuran. Jadi ketika kamu menulis berkas administrasi, isi dengan sebenar-benarnya. Karena, nanti saat akan di interview yang sangat di ulas oleh penguji adalah berkas-berkas yang sudah diisi tadi.

“Jika kita misal menulis pengalaman yang tidak pernah kita jalani, maka ketika ditanya pasti kita tidak akan busa menjawab. Jadi, yang terpenting kita jujur saja, ibaratnya kita sharing pengalaman kita saja tidak perlu di Lebih-lebihkan,” ungkap Aditya.

Nah tips berikutnya adalah mulai kerjakan atau rencanakan pendaftaran esaay dari jauh -jauh hari. Karena perencanaan itu penting, sebab dengan adanya tujuan dari jauh-jauh hari, maka kita akan banyak mencari informasi tentang tempat tujuan studi yang kita inginkan kedepannya. Jadi tunggu apa lagi, Persiapkan diri kamu dari sekarang jika ingin studi keluar negeri melalui Beasiswa LPDP.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Expo Scholarship UB : Ingin Beasiswa? Mahasiswa Harus Jemput Bola
Expo Scholarship UB : Ingin Beasiswa? Mahasiswa Harus Jemput Bola

International Association In Agricultural and Related Science Local Committee Universitas Brawijaya (IAAS LC UB) menyenggalarakan Seminar dan Expo International Scholarship...

Close