Ingin Masuk STAN? Simak Fakta-Fakta Menariknya

Infokampus.news– Banyak dari kita yang sudah memiliki gambaran setelah lulus SMA/MA nanti ingin melanjutkan studi di kampus mana. Nah, salah satu jenis pendidikan tinggi yang selalu ramai peminat di tiap tahunnya adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Berminat untuk mendaftar di STAN? Sebelum mendaftar pastikan kamu tahu fakta-fakta menariknya, simak ulasannya berikut ini!

  1. Gratis biaya kuliah

STAN sendiri merupakan sekolah kedinasan yang seluruh biaya pendidikannya ditanggung oleh pemerintah, jadi setiap mahasiswa yang dinyatakan lolos pada seleksi masuk STAN sudah dipastikan tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya kuliah persemesternya. Tak hanya bebas dari uang kuliah, mahasiswa yang lolos akan mendapatkan uang saku per tahun. Hebatnya lagi, setelah lulus kamu memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai pegawai negeri sipil.

 

  1. Memiliki Jurusan Yang Tidak Dimiliki Oleh Pendidikan Tinggi Yang Lain

Berbeda dengan kebanyakan perguruan tinggi, STAN memiliki jurusan yang berbeda dan semuanya merupakan jenjang diploma. Berikut jurusan yang ada di STAN.

  1. Diploma I (D1) :
  • Prodi Pajak
  • Prodi Kebendaharaan Negara
  • Prodi Kepabenan dan Cukai
  1. Diploma III (D3) :
  • Prodi Akutansi
  • Prodi Penilaian (Pajak Bumi dan Bangunan)
  • Prodi Pajak
  • Prodi kebendaharaan Negara
  • Prodi Manajemen Aset
  • Prodi Kepabenan dan Cukai
  1. Diploma IV (D4) :
  • Prodi Akutansi
Baca Juga :  Banjir Pujian! Intip Gaya Maia Estianty Jadi Dosen Tamu Universitas Indonesia

 

  1. Merupakan Sekolah Tinggi dengan Peminat Terbanyak

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, seperti biaya kuliah yang gratis dan prospek kerja yang jelas, banyak dari kita yang akhirnya memilih STAN sebagai pendidikan tinggi impian. Setiap tahunnya saja, pendaftar STAN selalu mengalami kenaikan. Tercatat pada tahun 2019 ini, jumlah pendaftar mencapai 125.418 peserta.

 

  1. Menerapkan Sistem Drop Out (DO)

Sempat bertanya-tanya nggak sih, sumber dana perkuliahan di STAN dari mana? Nah, perlu kita semua ketahui, dana perkuliahan di STAN ini berasal dari uang rakyat. Untuk itu, lembaga menerapkan peraturan yang ketat terkait mahasiswanya agar dana dari masyarakat Indonesia ini dapat dipertanggungjawabkan. Dalam menjalankan peraturannya, STAN menerapkan sistem DO, dimana mahasiswa yang bermasalah akan langsung di-DropOut atau dikeluarkan.

Lalu apa aja sih yang menyebabkan mahasiswa STAN bisa di-DO?  Ini dia beberapa alasan mahasiswa STAN bisa di-DO. Mahasiswa tersebut melakukan tindak kekerasan, memiliki Indeks Prestasi  (IP) untuk semester ganjil kurang dari 2,41 dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada semester genap kurang dari 2.75, menyontek dan bekerja sama saat ujian, dan tidak memenuhi presentase tingkat kehadiran atau absensi sekurang-kurangnya 90%.

Baca Juga :  10 Universitas Terbaik di Asia Tahun 2020 versi QS University Ranking

 

Jadi, persiapkan dirimu untuk seleksi PKN STAN tahun depan ya! (Sil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *