Ingin Membeli Buah Impor Untuk Ta’jil? Lihat Fakta Yang Dipaparkan Dosen Gizi Ini Bikin Ngeri!

Infokampus.news, Malang – Jika membeli buah impor untuk ta’jil, sepertinya kalian harus lebih waspada dan juga lebih selektif ya. Ditemui di dalam acara Obrolan Santai pagi ini, dosen gizi Universitas Brawijaya Dr. Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes. ini memaparkan betapa bahayanya mengkonsumsi buah impor.

Bahaya yang dimaksudkan terletak pada kulit luar buah yang oleh produsen buah impor telah disemprot dengan cairan tertentu agar tetap awet hinga berbulan-bulan lamanya. Ia menuturkan kebanyakan dari petani buah impor menyemprotkan fungisida dalam dosis tinggi untuk mengawetkan buah hasil produksi mereka.

“Para petani itu sebelum dikirim mereka semprot fungisida, agar awet.” Ujarnya menjelaskan pada tim infokampus.news.

Setelah Membeli Buah Impor Cuci dengan Air Mengalir, Jangan Air Yang Mengendap dalam Wadah

Satu-satunya cara untuk menghilangkan fungisida tersebut adalah dengan mencucinya di bawah air mengalir. Namun, benar-benar air mengalir ya sobat fokus jangan menggunakan air yang ada dalam wadah karena nantinya hasilnya akan sama saja.

“Pokoknya kalau beli buah impor itu hati-hati, dicuci bersih di bawah air mengalir. Jangan yang mengendap ya, nanti sama saja hasilnya. Lha diatas kapal berbulan-bulan itu pakai apa kalau tidak diawetkan, sampai sini tetap bagus ya kan barangnya? Padahal diatas kapal bulanan.” Tambah dia

Meskipun terkesan mengerikan, namun ia menghimbau untuk tidak mengupas kulit dari buah impor yang telah kita beli tersebut. Alih-alih menghindari penyakit akibat efek fungisida, ternyata serat terbanyak justru ada pada kulit buah.

“Misal makan apel impor, jangan dibuang kulitnya. Justru disitu letak serat paling banyak,” tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peringati Pekan Pancasila, UWG Malang Amalkan Nilai Pancasila

Semua penjuru negeri sedang memperingati hari lahir pancasila, UWG Malang adalah salah satu kampus yang mengadakan upacara

Close