Ingin Mendapat Beasiswa? Terapkan Pengetahuan Dasar ini

Mungkin bagi sebagian orang, mendapat beasiswa adalah impian yang sangat besar. Beasiswa disini bisa dari manapun, baik luar negeri maupun di dalam negeri.

Namun, untuk mendapatkan beasiswa bukanlah perkara mudah. Selain persyaratan yang sulit, persaingan juga menjadi hal yang perlu kamu pikirkan. Mungkin kamu tidak hanya bersaing dengan orang-orang tempatmu berada, tapi juga dari penjuru dunia.

Direktur Pendidikan dan Kemasyarakatan British Council, Teresa Birks menuturkan bila ingin sukses mendapatkan beasiswa maka berpikirlah untuk menang. Jangan pesimis bahwa kita akan kalah.

“Mungkin bukan gagal, tapi begitu banyak yang mengajukan permohonan beasiswa tersebut. Kita harus kritis dan berpikir bagaimana caranya untuk menang,” ungkapnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Selain itu, Teresa juga mengingatkan dalam pengajuan beasiswa kita harus bisa membuat orang yang membaca lamaran tersebut mengenal diri kita. Paham terhadap apa yang kita butuhkan mengenai beasiswa tersebut.

“Buat orang yang membaca itu tahu tentang diri kita. Karena mereka tidak tahu apa-apa tentang kita. Jadi kita harus percaya diri untuk menunjukkan diri siapa kita,” ujarnya.

Pemaparan itulah yang biasanya kita tuliskan dalam essai maupun motivation letter. Dengan begitu banyak calon penerima beasiswa yang melamar, kita harus yakinkan pembaca kenapa mereka harus memilih kamu sebagai penerima beasiswa tersebut.

“Kita harus bisa meyakinkan pembaca melalui tulisan kita itu,” imbuhnya.

Ada juga beberapa beasiswa yang memang mengharuskan pelamar memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu. Namun beasiswa juga disediakan bagi mereka yang seandainya belum memiliki kerja.

“Seperti chevening itu harus memiliki pengalaman kerja dulu karena itu untuk Magister. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi orang yang ingin berkontribusi pada negaranya,” tambahnya.

 

Sumber: Okezone.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
ITB Jadi Salah Satu Kampus Terbaik di Dunia
ITB Jadi Salah Satu Kampus Terbaik di Dunia

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang ikut berperan aktif...

Close