Ingin Menyimpan Telur Lebih Lama di Bulan Ramadhan? Alat Sterilisasi Telur Ayam Temuan Mahasiswa Ini Jawabannya!

Infokampus.news, Malang – Kadang keinginan untuk menyimpan telur dalam jumlah yang banyak di awal bulan ramadhan seperti ini merupakan sebuah keperluan, karena semakin lama harga telur akan terus merangkak naik hingga lebaran nanti. Namun tentu kita tahu, telur tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama meskipun kita sudah mencuci cangkang luar dan menaruhnya di tempat yang kering.

Nah, mungkin alat temuan para mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) bernama MONSTER (Modern Sterilization Machine) Ini bisa dijadikan referensi. Dengan memanfaatkan radiasi pembangkit tegangan tinggi, alat yang mereka temukan mampu mensterilkan telur dari mikroba.

“Streilisasi telur ayam yang fertil ya yang kita gunakan bukan yang ditetaskan. Alat kami memanfaatkan radiasi pembangkit tegangan tinggi,” ujar Dewi.

Bakteri Salmonela Rusak Membran Telur dengan Cepat

Ia menyebutkan salah satu bakteri yang mampu merusak telur dengan waktu yang cepat adalah bakteri salmonella.

“Bakteri salmonela itu merusak membran dari telur dengan cepat.” Tambah dia.

Tidak hanya salmonella, namun pada alat yang ditemukan oleh Faradyna D, Eka T.A, Hilda P.H, Dewi M., Aldillah Dini ini juga membunuh bakteri lain seperti ecoli. Dengan demikian, umur simpan telur mampu lebih panjang hingga 20 hari penyimpanan.

“Kalau menggunakan alat ini telur bisa bertahan hingga 20 hari penyimpanan, kalau yang biasa di pasaran jika dibiarkan di ruang terbuka hanya mampu bertahan kurang lebih 7 hari-an.” Tandas dia. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menggali Peluang Usaha Melalui Sumber Daya Alam

Fakultas Pertanian UWG Malang memiliki banyak sekali terobosan untuk menggali peluang yang ada dimasyarakat

Close