Ingin Perjalanan Arus Balik Kamu Makin Asyik?, Simak Tips Bermanfaat Berikut Ini!

Infokampus.news, Malang – Tradisi mudik di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Hari Raya Lebaran merupakan sebuah tradisi tahunan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mudik sendiri adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Dimana ada kegiatan mudik, pastinya akan dilakukan pula kegiatan arus balik dimana para pemudik akan kembali merantau guna menjalai aktivitas seperti biasa.

Arus balik sendiri biasanya dilakukan mulai dari H+3 sampai H+7 Lebaran. Tentunya kegiatan balik ini juga dilakukan oleh mahasiswa yang akan kembali merantau ke kota tempat mereka menimba ilmu kembali. Kali ini Infokampus.news akan memberikan kamu tips-tips supaya kegiatan balik kamu lebih simple, nyaman, dan tentunya aman. Yuk, sama sama kita simak tips berikut ini :

1. Pastikan Tanggal Balik Tidak Berbarengan Dengan Para Pemudik

Sebagai mahasiswa, kamu sangat diuntungkan dengan jadwal libur yang tidak sama dengan masyarakat lain yang sudah mempunyai pekerjaan. Jadwal libur kamu yang longgar bisa kamu manfaatkan untuk kamu rencanakan guna kembali ke daerah kampus kamu. Tips agar lebih nyaman, sebaiknya kamu tidak merencanakan tanggal balik berbarengan dengan para pemudik yang biasanya. Ada baiknya kamu jadwalkan arus balik kamu di sekitaran waktu H+8 atau H+10 lebaran.

2. Gunakan Transportasi Umum

Tips selanjutnya adalah adabaiknya bagi kamu para mahasiswa yang akan melakukan kegiatan mudik maupun balik, sebaiknya kamu menggunakan transportasasi umum seperti Bus, Kereta Api, Kapal, Maupun pesawat. Keuntungannya, selain kamu bisa menguarangi angka macet di jalur balik nantinya, kamu juga bisa lebih santai dalam menjalani perjalanan. Kalau kamu membawa kendaraan seniri, pastinya beban kamu diperjalanan akan lebih banyak dan dikhawatirkan nantinya bisa menimbulkan keclakaan. Jadi, gunakanlah transportasi umum.

3. Ajak Teman Utuk Melaksanakan Arus Balik Bersama

Untuk mencegah kebosanan di perjalanan, ada baiknya kamu ajak teman mu untuk berangkat bersama menuju perantauan. Bila kamu menaiki kendaraan pribadi, kamu bisa bergantian menyetir maupun menjaga perjalanan agar tidak terjadi kecelakaan. Bila kamu perjalanan menggunakan transportasi umu, kamu bisa mendapatkan teman perjalanan yang tentunya bisa menemani kamu selama perjalanan arus balik. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaatkan Libur Lebaran, Yuk Kita Wisata Museum Yang Anti Mainstream!

Infokampus.news - kali ini Infokampus akan memberikan rekomendasi wisata di kota Jakarta yang pastinya anti Mainstream yaitu wisata Museum

Close