Serius Ingin Tingkatkan Mutu Karya Ilmiah, UNISMA Keluarkan Budget Berikut

Infokampus.news, Malang – Serius ingin tingkatkan mutu karya ilmiah, UNISMA keluarkan dana 4.500 dollar untuk membeli software deteksi plagiasi. Ditemui saat ToT Software deteksi plagiasi yang digelar pagi ini (10/1) Ir. Istirochah Pujianti M.P., Ketua BAAK UNISMA mengungkapkan pihaknya ingin mengembangkan penulisan karya ilmiah warga UNISMA.

“Kami ingin tingkatkan mutu penulisan dosen dan mahasiswa. Harapan kami karya dosen tidak ada yang ambil karya orang lain jadi benar-benar memiliki kualitas yang bagus. Selain itu sebagai syarat wajib lulus mahasiswa untuk Tugas Akhir (TA) mereka supaya orisinal karya mereka sendiri,” ungkapnya pada wartawan.

Sebelumnya pihaknya tentu menggunakan deteksi plagiasi. Namun kali ini mereka mencoba membeli software premium tentu agar hasilnya lebih optimal.

“Kami membeli sebanyak 50 account dengan harga 4.500 dolar,” tambahnya.

Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa Nantinya Bisa Melewati Deteksi Plagiasi IniĀ 

Nantinya software ini bisa dimanfaatkan seluruh dosen dan mahasiswa untuk mendeteksi plagiasi untuk semua karya ilmiah. Mulai dari proposal PKM, penelitian, pengabdian masyarakat, skripsi, disertasi dan berbagai karya ilmiah lainnya. “Tetap ada toleransinya, tergantung jurnal apa yang sedang dituju ini, kan masing-masing berbeda ya persentase toleransi kemiripannya,” paparnya lagi.

Baca Juga :  UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

Belum ada keputusan resmi dari rektor, namun diperkirakan nanti para pengguna jasa deteksi plagiasi ini harus membayar sebesar 60 ribu rupiah untuk mahasiswa, sedangkan untuk dosen akan ada pemotongan dari insentif. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *