Ini 5 Prospek Kerja Terbaik Bagi Lulusan Teknik Sipil!

Infokampus.news – Halo Sobat Fokus! Siapa nih yang sedang kuliah di jurusan teknik sipil atau ingin masuk kuliah jurusan teknik sipil? Ya, jurusan kuliah satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cerah bagi para lulusannya. Tak heran, tiap tahunnya peminat jurusan kuliah teknik sipil selalu meningkat.

Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana caranya merancang, merenovasi, dan membangun infrastruktur yang mencakup lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia. Jurusan teknik sipil memiliki ruang lingkup yang sangat luat karena di dalamnya jurusan ini mempelajari ilmu matematika, kimia, fisika, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer.

Berikut ini infokampus.news telah merangkum 5 prospek kerja terbaik bagi lulusan teknik sipil!

Teknik Sipil Bisa Jadi PNS / Pegawai Negeri Sipil

Institusi pemerintahan sangat membutuhkan lulusan Teknik sipil seperti kementrian Pekerjaan Umum (PU) yang mengurusi berbagai hal terkait pembangunan fasilitas negara. Selain itu lulusan Teknik sipil juga bisa bekerja di Badan Perencanaan Nasional, Departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), Perusahaan Pertamanan kota dan masih banyak lagi.

Badan Usaha Milik Negara

Prospek kerja lulusan teknik sipil berikutnya adalah bisa bekerja di BUMNI misalnya di Hutama Karya (jalan dan jembatan), Waskita Karya (bangunan dan gedung), Cipta Karya (perencanaan) dll.

Badan Keuangan / Bank

Bekerja di badan keuangan ternyata bukan hanya untuk lulusan akuntansi, komuniaski, dan ekonomi saja. Lulusan teknik sipil juga dapat bekerja di badan keuangan, lulusan teknik sipil juga sangat berguna pada saat menganalisa visibilitas proyek yang akan dikerjakan dengan peminjaman dana, contohnya dalam pembangunan saran dan prasarana seperti gedung.

Menjadi Kontraktor

Menjadi seorang kontraktor berbagai proyek pembangunan insfrastruktur menjadi sebuah peluang besar bagi lulusan teknik sipil. Mengapa seorang teknik sipil bisa menjadi seorang kontraktor ?

Karena pada dasarnya lulusan teknik sipil mempunyai ilmu yang sangat mendukung dan sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Seorang teknik sipil dalam masa kuliahnya mempelajari tentang teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur kayu, struktur beton, manajemen proyek, bahkan lulusan teknik sipil sangat mengerti bagaimana caranya membuat sebuah rancangan anggaran biaya proyek pembangunan.

 

Menjadi Konsultan Proyek

Konsultan proyek artinya adalah ia hanya membantu dari sisi peninjauan keilmuan saja. Ia tidak masuk ke dalam urusan teknik di lapangan. Menjadi seorang konsultan tidak harus turun ke lapangan dan meninjau proyek dari kliennya.

Konsultan proyek dapat memberikan sebuah pertimbangan kepada klien proyek yang sedang dikerjakan mengenai banyak hal. Misalnya, pemilihan bahan konstruksi yang efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang digunakan, dan bentuk bangunannya atau terkait dengan aspek keselamatan tenaga kerjanya.

Menjadi Dosen

Seorang lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang dosen di universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik sipil. Peluan ini sangatlah terbuka lebar, karena di Indonesia masih jarang sekali seorang ahli di bidang ini.

Itulah daftar peluang kerja yang bisa Sobat FoKus jadikan pilihan dalam meniti karir ketika lulus dari jurusan teknik sipil. Terus kunjungi infokampus.news untuk mendapatkan informasi menarik seputar dunia kampus lainnya! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsisten Dengan Program Green Campus, STIE Malangkucecwara Gandeng Pemkot Batu Untuk Penanaman Anggrek di Lingkungan Kampus

Selasa (12/09) kegiatan penanaman Anggrek yang sudah rutin dilakukan oleh STIE Malangkucecwara telah dilaksanakan, bertempat di lokasi pohon Pinus Green Campus

Close