Ini 5 Tips Perjalanan Aman Mudik Pakai Sepeda Motor yang Wajib Kamu Ketahui!

Infokampus.news – Sepeda motor masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat setiap lebaran tiba.  Meskipun banyak program mudik gratis yang disediakan, tetapi minat masyarakat untuk mudik menggunakan motor tidak surut. Mudik menggunakan sepeda motor membutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan mudik Sobat lancar, aman dan tentunya selamat sampai tujuan.

Hal-hal berikut ini perlu Sobat perhatikan sebelum mudik dengan sepeda motor.

Cek keadaan motor secara keseluruhan.

Sebelum membawanya keluar kota, kamu harus mengecek kondisi sepeda motor secara keseluruhan. Kamu juga harus memasukkannya ke bengkel untuk diservis. Pengecekan dimuai dari kebersihan mesin, penggantian oli, rantai, ban, rem, spion, dan komponen lainnya. Pastikan tak ada sedikit pun masalah pada sepeda motormu supaya mudik lancar dan aman.

Jangan membawa banyak barang.

Alih-alih efisiensi, pengendara seringkali melupakan fungsi sepeda motor. Mereka membebaninya dengan banyak barang atau membonceng lebih dari satu orang. Ada pula yang membawa boncengan satu orang dewasa dan dua anak-anak. Hal ini akan membahayakan pengendara itu sendiri dan orang lain lho. Sebaiknya kamu tetap membawa barang secukupnya, misalnya hanya 1-2 tas ransel. Apalagi kalau perjalananmu membutuhkan waktu lebih dari lima jam.

Pakai helm full face, meskipun berat.

Males pake helm full face karena berat? Itu alasan sebagian orang yang tidak memperhatikan keselamatan. Helm full face lebih aman dibanding helm biasa karena dapat melindungi bagian kepala kamu secara keseluruhan, teruatama bagian dagu ketika terjatuh. Jadi, jangan abaikan keselamatan kepala kamu ya.

Persiapkan seluruh elemen perlindungan tubuhmu.

Selama berpergian, jangan pernah lupakan jaket tebal untuk melindungi tubuhmu dari bahaya angin. Bila tidak, kamu bisa terserang masuk angin, hingga penyakit serius lainnya dalam jangka panjang. Kamu juga harus mempersiapkan jas hujan, sarung tangan, hingga masker. Perjalanan nyaman, mudik pun lancar.

Persiapkan fisik dan jangan lupa berdoa.

Jika merasa fisik belum siap menempuh perjalanan jauh untuk mudik, lebih baik kamu urungkan niat. Jangan memaksakan diri untuk tetap mudik dengan kondisi kesehatan yang kurang fit. Hal ini akan membahayakan keselamatanmu. Jika kondisi sudah bugar, kamu bisa mengawalinya dengan doa. Kamu juga diwajibkan beristirahat, minimal satu jam, di tengah perjalanan. Tujuannya untuk memulihkan kesegaran tubuhmu.

(fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Aplikasi Kumpulan Ucapan Lebaran 2017 dan Selamat Idul Fitri 1438 H!

Seiring kemajuan teknologi, kartu ucapan Lebaran kini dapat dengan mudah Sobat kirim melalui e-card via aplikasi Kumpulan Ucapan Lebaran

Close