Ini 6 Resep Kue Lezat Khas Berbagai Negara Untuk Lebaran!

Infokampus.news – Kue yang biasanya dijadikan suatu simbol perayaan atau hanya sekedar hidangan penutup memang mempunyai arti tersendiri. Sama seperti masakan pada umumnya, tiap negara juga mempunyai suatu kekhasan jenis kue yang keseluruhannya merupakan kue-kue yang lezat dan mempunyai ciri khas dari masing-masing negara.

Berikut beberapa resep kue yang cocok untuk lebaran dari negara yang berbeda!

Nankhatai – India

 

Nankhatai merupakan biskuit khas India dan Pakistan. Kata Nankhatai merupakan turunan dari dua kata yaitu Naan dalam bahasa Persia berarti roti, dan Khatai berarti biskuit.

Bahan utama membuat kudapan ini adalah ghee (minyak samin), telur, terigu, telur dan sebagai pelengkap diberikan kacang almond atau pistachio.

Vanillekipferl – Austria

 

Kue asli dari Wina, Autria ini mirip kue putri salju yang ada di Indonesia dengan bentuk seperti bulan sabit dan taburan vanilla sugar. Kini, kudapan satu ini terkenal luas di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Polandia dan Hungaria.

Vanillekipferl biasanya terbuat dari kacang walnut (Terkadang juga menggunakan kacang almond) yang telah dihaluskan ditambah dengan terigu, telur, gula dan mentega.

Zimtsterne – Swiss

 

Zimtsterne atau The Cinnamon Star biasa disajikan saat perayaan Natal di Swiss. Zimsterne sendiri berasal dari bahasa Jerman, zimt yang berarti kayu manis dan sterne yang berarti bintang. Zimtsterne berbentuk seperti bintang dengan adonan dasar dari campuran bubuk kayu manis —gemahlener Zimt dan kacang-kacangan (almond) —gemahlene Mandeln. Di bagian atasnya ditambahkan icing sugar yaitu campuran putih telur —eiweiß, dalam bahasa Jerman dan bubuk gula —puderzucker.

Kurabiye/Qurabiya – Turki

 

Kue ini merupakan kue kering dari Turki. Namun kini telah menyebar ke berbagai negara seperti Iran, Yunani, Bulgaria dengan ragam bentuk dan rasa. Bahan dasar kue ini seperti pada kue kering lainnya seperti terigu, telur dan mentega.

Kahk – Mesir

 

Kue ini sering disajikan di Mesir saat lebaran tiba. Bahan pembuatan kue ini berupa tepung terigu, susu, ragi, gula pasir, kayu manis dan wijen. Isian dari kue ini berupa agameya (Madu), namun terkadang ada juga isinya berupa kacang-kacangan seperi kenari dan pistachio.

Maamoul – Yordania

 

Masih dari kawasan Timur Tengah, terdapat kue yang dinamakan Maamoul. Maamoul biasanya sering disajikan saat momen lebaran dan juga dijadikan oleh-oleh saat perjalanan haji/umroh. Kue ini terbuat dari tepung semolina, yaitu jenis tepung yang biasa digunakan dalam pembuatan pizza dan pasta.

Isian dari kue ini biasanya berupa campuran kacang-kacangan (walnut, pistachio) ditambah dengan orange blossom water maupun isian pasta kurma.

Itulah beberapa resep kue yang cocok untuk lebaran dari berbagai negara yang bisa Sobat praktekan dirumah untuk sajian saat hari Raya. Semoga bermanfaat! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kue Kering Yang Tidak Pernah Absen Saat Lebaran

Momen lebaran adalah momen yang sangat ditunggu, tidak hanya bisa berkumpul dengan sanak saudara namun juga banyak ciri khas yang...

Close