Ini 7 Tips Agar Tetap Semangat Kuliah Meski Puasa!

Infokampus.news – Tidak terasa sudah 2 hari kita menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, otomatis jadwal dan aktivitas kita sedikit berubah. Di mulai dari jadwal sarapan pagi yang berubah menjadi makan sahur serta hilangnya asupan energi dari makan siang beralih ke berbuka saat maghrib tiba. Juga jadwal ibadah malam yang bertambah lebih panjang karena melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

Meski sedang menjalankan ibadah puasa, aktivitas seperti kuliah harus berjalan dengan baik dan semangat. Jangan sampai ibadah puasa justru membuat semangatmu untuk menuntut ilmu jadi menurun.

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga semangat kuliah sambil berpuasa.

Jangan bergadang

Begadang

Jika biasanya kamu menghabiskan malam dengan bergadang, maka selama Ramadan hindarilah aktivitas tidur terlampau larut. Jika tidak ada hal lain yang kamu kerjakan usai salat tarawih dan membaca Alquran, maka ada baiknya kamu segera tidur untuk mempersiapkan diri sahur keesokan pagi.

Sahur tepat waktu

Sahur

Pasanglah alarm untuk mengatur waktu sahurmu. Jangan sampai telat bangun sahur sehingga kamu makan terburu-buru.

Konsumsi makanan sehat

Makanan-Sehat

Selama bulan puasa, biasakan mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Dengan begitu, selama menjalani ibadah puasa, badanmu tetap bugar dan bisa tetap fit sampai waktu berbuka tiba.

Jangan terlampau lelah

Capek

Ketimbang beraktivitas tanpa tujuan atau berolahraga berlebihan, manfaatkan waktu untuk memperbanyak ibadah. Selain mendapatkan pahala, cara ini tidak membuatmu terlampau lelah. Jika badan terlalu letih, maka semangat pun menurun, termasuk untuk kuliah.

Janjian buka puasa dengan teman

Makan-Bareng

Agar puasamu lebih asyik, buat janji dengan beberapa teman untuk berbuka puasa bersama. Kamu pun akan lebih semangat kuliah karena ada kegiatan asyik menanti di penghujung hari.

Terapkan resep minum air putih 2-4-2 gelas

Minum air putih itu paling penting untuk menjaga kesehatan serta ion di tubuh kamu, apalagi buat kamu yang akan menjalankan puasa dengan aktivitas yang masih padat. Saat bulan puasa, pasti kebanyakan dari kalian lebih memillih minuman-minuman manis ketimbang air mineral. Nah, saat puasa, tinggalkanlah kebiasaan buruk itu dan konsumsilah air lebih banyak. Dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur, dua gelas saat sahur bisa diterapkan supaya tubuh tak mudah lemas, dan wajah tetap berseri.

Pilih baju – baju kuliah yang bahannya tidak panas

Biasanya sih, bulan puasa itu selalu gerah. Buat kamu yang hobi banget ke kampus pake baju ribet-ribet dengan bahan yang luar biasa panas, mending ditinggalkan dulu kebiasaan itu. Mulailah memilah-milah pakaian yang adem buat dipakai ke kampus. Nggak perlu yang susah-susah, yang penting nyaman, sopan, dan rapi.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat belajar! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lagi, Universitas Gajayana Raih Nilai Tertinggi Kategori Madya di Ajang Kampus Unggul Kopertis

Universitas Gajayana berhasil meraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2017 tingkat Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

Close