Ini 9 Fakultas Ekonomi Terbaik di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui!

Infokampus.newsHalo Sobat Fokus kali ini infokampus.news akan membahas 9 fakultas ekonomi terbaik di dunia yang wajib Sobat ketahui! Ilmu ekonomi merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting untuk dipelajari pada masa sekarang. Hal ini terbukti, karena tiap tahunnya fakultas ekonomi menjadi fakultas terfavorit di beberapa universitas, sekaligus menjadi fakultas paling diminati oleh calon mahasiswa baru.

Lalu, Universitas mana saja yang menyajikan pembelajaran ilmu ekonomi terbaik di tingkat internasional? Berikut kami sajikan ulasannya!

9 Fakultas Ekonomi Terbaik di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
1. Harvard Business School (HBS)
 
Harvard Business School adalah sekolah bisnis yang merupakan bagian dari Harvard University di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus ini memiliki Harvard Business School Publishing yang bekerja di bidang penerbitan buku-buku bisnis, perangkat untuk manajemen perusahaan secara online, artikel kepemimpinan dan juga setiap bulannya menerbitkan Harvard Business Review. Di Harvard Business School tersedia program MBA, Executive Education dan Doktor. Kampus ini setidaknya telah memiliki 78 ribu alumni yang telah tersebar di berbagai belahan dunia, sekitar 167 negara.
2. Stanford University
 
Sebagai salah satu yang favorit di Stanford University, fakultas ekonomi menyediakan ruang untuk belajar ekonomi serta hukum-hukum yang berkaitan dengannya. Pembelajaran di fakultas ini lebih difokuskan kepada permasalahan yang terjadi di dunia nyata dan para siswa dibantu untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut dengan analisis yang mendalam dan kuat. Dari kemampuan yang diajarkan tadi, para mahasiswa juga dibantu untuk mampu menuliskannya di dalam risetnya. Sehingga dengan ini, para mahasiswa diharapkan kelak dapat menjadi lebih bermanfaat dengan ilmu yang dimilikinya dalam berbagai subjek pekerjaan. Dan sebagai salah satu fakultas ekonomi terbaik dunia, tentu lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Stanford tentu akan banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan multinasional.
3. University of California, Berkeley
 
Fakultas Ekonomi University of California yang berlokasi di Berkeley, Amerika Serikat ini merupakan salah satu yang paling terdepan dalam pengembangan ilmu-ilmu ekonomi. Kampus ini juga dikenal dengan pengajarannya dan juga lulusannya yang mampu menjadi pemimpin di bidang ini. Fakultas Ekonomi Universitas California ini juga beberapa kali mendapat penghargaan seperti lima penghargaan Nobel, lima Medali John Bates Clark dan 23 Beasiswa Penelitian Alfred P. Sloan.
4. London School of Economy and Political Science
 
Fakultas Ekonomi London School of Economny and Political Science ini merupakan salah satu fakultas ekonomi terbesar di dunia dengan sekitar 50 dosen dan 1000 mahasiswa. Kampus ini memimpin di bidang penelitian fakultas dan hampir selalu menduduki 20 besar fakultas ekonomi terbaik dunia. Fakulltas Ekonomi LSE menyediakan program pendidikan di tingkat Sarjana dan Magister. Peraih Penghargaan Nobel di bidang ekonomi tahun 2010, Prof. Chris Prissarides, merupakan seorang dengan posisi profesor ekonomi di sini. Sebelumnya, ada sembilan orang mahasiswa ataupun dosen di Fakultas Ekonomi LSE. Aktivitas penelitian di Fakultas Ekonomi LSE ini juga tergabung dari sekitar tujuh lembaga penelitan yang tergabung dalam pusat riset LSE. Dan semua lembaga penelitian ini juga dilengkapi dengan riset lingkungan.
5. Chicago School of Economy
 
Chicago School of Economy adalah bagian dari University of Chicago, sebuah universitas yang terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Fakultas Ekonomi Universitas Chicago ini ingin mempersiapkan mahasiswa untuk mampu berperilaku sebagai produsen dan konsumen, mampu menentukan harga dan lainnya. Kampus ini juga mempersiapkan mahasiswanya untuk mampu memiliki skill dasar mengenai prediksi untuk menghadapi kehidupan nyata. Untuk para mahasiswa yang menyukai penelitian juga disediakan pengembangan untuk kemampuan menjelaskan penelitian di atas kertas, menyelesaikan masalah ditambah dengan kelancaran disaat presentasi.
6. Massachusetts Institute of Technology
 
Sejak tahun 1950-an, Fakultas Ekonomi MIT sudah menjadii salah satu pemimpin pendidikan dunia di bidang penelitian ekonomi. Banyak dosen Fakultas Ekonomi disini menulis buku yang diajarkan di tingkat sarjana dan magister di seluruh dunia. Di tingkat sarjana, perkuliahan diawali dengan dua semester untuk perkenalan tentang teori-teori yang bisa diulas lebih dalam dan juga penerapan dari topik-topik di bidang makro ekonomi dan mikro ekonomi. Setelah itu, ada pula pelatihan di bidang makroekonomi, mikroekonomi, statistik dan ekonometrik. Dosen-dosen disini berkomitmen untuk membuat inovasi dalam kurikulum. Seperti inovasi penelitian yang menggunakan basis internet, ekonomi lingkungan dan juga ekonomi keuangan yang berbasis pengalaman. Sarjana yang telah lulus dari Fakultas Ekonomi MIT ini rata-rata bekerja di dunia akademi, bisnis internasional, pemerintahan, keuangan, konsultan dan juga hukum. Sarjana ekonomi disini memang dibekali dengan pekerjaan sampingan yang banyak jenisnya, namun dengan pemahaman ekonomi yang kuat. Sekitar 20% sarjana ini juga melanjutkan pendidikannya ke tingkat berikutnya di bidang ekonomi ataupun keuangan. Fakultas Ekonomi ini juga memiliki beberapa peraih Penghargaan Nobel dan Medali John Bates Clark.
7. Cambridge University
 
Sebagai universitas ke-2 yang paling tua di negara yang berbicara dengan Bahasa Inggris, dan ketiga tertua yang bisa bertahan hidup, Cambridge University memang bisa dikatakan sangat senior, terutama di bidang buku-buku yang ada. Setidaknya ada 15 juta buku yang ada di perpustakaan Cambridge University, dengan 8 juta buku yang terdaftar secara resmi di Perpustakaan Universitas Cambridge. Sementara di bidang penelitian di fakultas ekonomi telah dibagi kelompok riset dimana dosen dan mahasiswa bisa bekerja sama dan mendukung satu sama lain, terutama di bidang yang diminatinya. Kelompok penelitian ini antara lain adalah penelitian di bidang ekonometrik, teori mikro ekonomi, makro ekonomi, sejarah ekonomi, mikro ekonomi empiris serta pendekatan alternatif.
8. Princeton University
 
Fakultas Ekonomi Universitas Princeton membuka kelas pendidikan di tingkat sarjana hingga doktor filosofi. Jurusan ekonomi, utamanya di tingkat sarjana, hampir selalu menjadi salah satu dari jurusan yang paling banyak diminati di kampus ini. Mahasiswa disini turut membantu para mahasiswa junior, yang baru awal di dalam perkuliahan, dalam mengerjakan karya ilmiahnya dan membantu mahasiswa senior dalam mengerjakan tesisnya. Di masa awal perkuliahan, para mahasiswa strata satu ini dibimbing untuk mendesain, meriset dan menulis karya ilmiah dengan topik yang mereka minati. Sedangkan, bantuan kepada senior dalam tesisnya adalah agar mahasiswa disini merasakan penelitian dengan topik yang lebih besar lagi.
9. Yale University
 
Fakultas Ekonomi Universitas Yale yang berlokasi di Connecticut, Amerika Serikat ini juga merupakan salah satu dari fakultas favorit yang ada disini. Penerimaan di kampus Universitas Yale ini juga sangat ketat. Seperti di tahun 2014 ini, Universitas Yale hanya menerima sekitar 1.935 mahasiswa di seluruh jurusan, dengan pendaftar lebih dari 30 ribu orang. Perpustakaan di Universitas Yale ini juga ternyata yang terbesar ke-3 di Amerika Serikat, dimana setidaknya 1935 mahasiswa yang diterima disini bisa belajar banyak dari perpustakaan ini.
Demikian informasi 9 fakultas ekonomi terbaik di Dunia yang wajib Sobat ketahui. terus kunjungi infokampus.news untuk mendapatkan berita terbaru seputar kampus lainnya. Semoga bermanfaat! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TaniKita, Aplikasi Buatan Mahasiswa UB Yang Dapat Jadi Solusi Pertumbuhan Ekosistem Pertanian Indonesia

TaniKita sendiri merupakan aplikasi Buatan tiga Mahasiswa UB yang berfungsi sebagai pembangun ekosistem pertanian Indonesia.

Close