Ini Biaya Kuliah Universitas Sumatera Utara Tahun Ajaran 2017/2018!

Infokampus.news – Universitas Sumatera Utara atau biasa disebut USU adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Kota Medan, Indonesia. Universitas Sumatera Utara adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. USU merupakan universitas pertama di pulau Sumatera yang mempunyai Fakultas Kedokteran dan perguruan tinggi negeri yang favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

USU sendiri menyediakan beberapa jalur masuk jalur-jalur tersebut yaitu : jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, serta jalur mandiri.

Melalui salah satu jalur di atas, maka Sobat bisa masuk ke USU dengan di awali dari proses pendaftaran, proses seleksi, dan akhirnya melihat pengumuman kelulusan.

Pada saat melakukan pendaftaran, calon mahasiswa diwajibkan melakukan form secara online dengan mengisi sejumlah data-data pendaftaran. Salah satu data pendaftaran yang harus di isi yang berkaitan dengan penentuan besarnya biaya pendidikan yaitu data penghasilan orang tua.

Sejak tahun 2013, USU telah menerapkan sistem pembayaran biaya pendidikan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan UKT ini, setiap mahasiswa yang cukup membayar biaya pendidikan satu kali pada tiap awal semester baru, tanpa perlu membayar uang pangkal / biaya gedung, biaya praktek/lab dll. Hal tersebut dapat memudahkan proses pembayar biaya pendidikan di USU.

Pembayaran UKT dimulai ketika mahasiswa baru dinyatakan lulus seleksi melalui jalur yang diikutinya. Pada saat itu, mahasiswa baru terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran sesuai dengan data yang di isi pada saat melakukan pendaftaran awal sebagai calon mahasiswa baru.

Data-data / berkas yang dikumpulkan khususnya mengenai penghasilan orang tua dari calon mahasiswa harus sesuai dengan data-data yang diisikan pada saat melakukan pendaftaran.

Apabila data-data / berkas yang dikumpulkan tidak sesuai dengan data-data yang di isi pada saat pendaftaran, maka mahasiswa baru tersebut akan mendapatkan sanksi dari panitia USU. Maka dari itu, saat melakukan pengisian data Sobat harus jujur dan teliti sehingga data / berkas yang dikumpulkan bisa sesuai.

Perlu diketahui bahwa penetapan UKT di USU didasarkan pada penghasilan orang tua. Apabila jumlah penghasilan orang tua besar, maka UKT yang harus dibayar berada pada lever tinggi, sedangkan jika jumlah penghasilan orang tua kecil / rendah, maka UKT yang harus dibayar pada kelompok rendah / yang sesuai.


Rincian UKT Diploma dan Sarjana USU
Sumber gambar : http://dtm.usu.ac.id

Itulah informasi biaya kuliah Universitas Sumatera Utara pada tahun ajaran 2017/2018, sebagai bahan perbandingan Sobat FoKus sebelum menjalani masa perkuliahan. Terus kunjungi infokampus.news karena akan ada informasi biaya kuliah lainnya dan jangan lupa bagikan artikel ini supaya seluruh rekan Sobat FoKus mendapatkan informasi secara cepat. Semoga Bermanfaat! (FAM)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Laga Panas dan Seru Ramaikan Penyelenggaraan Hari Ke-3 BFL 2017

Infokampus.news, Malang - Penyenggaraan Kompetisi Futsal Terbesar Se-Universitas Brawijaya (UB), BFL 2017 memasuki hari Ke-3 penyelenggaraan

Close