Ini Daftar 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia!

Infokampus.news – Sembilan perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam urutan rangking kampus dunia versi pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018.  Pemeringkatan itu menunjukkan tiga perguruan tinggi negeri di Indonesia masuk dalam peringkat 500 besar universitas terbaik dunia. Ketiga universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan, dari ketiga universitas itu, UI berhasil masuk ke jajaran 300 universitas terbaik di dunia.

UI Masih Nomor Urut 1 Untuk Peringkat di Indonesia   

Universitas Indonesia naik 48 peringkat, dari tahun sebelumnya di posisi 325 sekarang di posisi 277. Institut Teknologi Bandung juga naik di peringkat 331, sedangkan Universitas Gadjah Mada naik menjadi peringkat 402.  Selain ketiga perguruan tinggi itu, ada enam kampus lain di Indonesia yang masuk daftar peringkat kampus dunia. Berturut-turut adalah Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Brawijaya.

Peringkat terbaru tersebut dirilis di laman www.topuniversities.com, Rabu (8/6/2017). Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking merupakan pemeringkatan yang menjadi acuan resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk menentukan kampus yang masuk World Class University.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh QS World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pemeringkatan didasarkan beberapa faktor, yaitu academic reputation, citation [predikat] per faculty, employer reputation, faculty student, international faculty, dan international student.

Berikut daftar lengkap 9 universitas Indonesia yang masuk peringkat dunia:
1. Universitas Indonesia
2. ITB
3. UGM
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
6. Universitas Diponegoro
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
9. Universitas Brawijaya.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menantang! Semifinal Debat Kandungan Al-Qur’an MTQMN XV 2017 Cukup Panas

Debat kandungan Al-Qur'an dengan bahasa Inggris pada hari ini (1/8) tengah memasuki tahap semifinal dan final.

Close