Ini Dia 40 Kampus Terhijau di Dunia!

Infokampus.news – Peringkat kampus terhijau di dunia telah mengumumkan jajaran kampus dengan lingkungan baik yang ada di seluruh universitas di dunia. University Of Nottingham dengan total skor 7,267.00 merupakan kampus hijau terbaik di dunia.

Selanjutnya, diikuti university of connectcut dengan skor 7,156,000 dan peringkat ketiga diraih oleh Universitas of California, Davis dengan sub total 7,134.000. Untuk predikat kampus terhijau di Indonesia sendiri telah berhasil diraih Universitas Indonesia, dan berhasil masuk 40 besar dunia, yaitu menduduki peringkat 33 di dunia dengan skor dan penilaian 6,157.00.

Rektor UI Prof Dr Ir, Muhammad Anis, M met dan Ketua UI Green Metric Prof Riri Fitri Sari mengumumkan hasil “UI Green MetricRanking Of World Universities 2015” di Integrayed Favulty Club UI Kampus Depok, Jumat
(22/1/2016).

Ranking Untuk Mendongkrak Konsep Berkelanjutan Kampus

Hasil UI GreenMetric merupakan suatu inovasi UI yang dikenal dengan luas lahan 100 hektar, dan terkenal di kancah international sebagai peningkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang berbasis komitmen tinggi dalam pengelolahan lingkungan hidup kampus.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric Ranking Of World University, dari 360 perguruan di 62 negara tahun 2014, untuk tahun 2016 ini menjadi 407 perguruan tinggi dari 65 negara. Peningkatan ini merupakan indikasi bahwa semakin banyak kampus yang mulai peduli dengan lingkungan mereka.

Prof Riri Fitri Sari mengatakan bahwa dengan sistem perankingan UI sebagai GreenMetric juga menambahkan sejumlah kriteria yang terkait konversasi air, perhitungan Carbon Footprint dari sektor energi dan perubahan iklim, dan transportasi, serta penyesuian penilaian dan pembobotan untuk setiap kreteria.

Baca Juga :

Lebih lanjut, Prof Muhammad Anis menuturkan, sudah saatnya UI sebagai institusi akademis juga turut berkontribusi dalam emisi gas rumah kaca dari kegiatan akademik sehari-hari. Dengan adanya perangkingan ini diharapkan setiap kampus mulai memikirkan untuk membangun area kondusif dengan konsep alam yang berkelanjutan.

“Bertanggungjawab dan mengetahui beberapa emisi yang kita produksi pertahun, UI terus berupaya membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang lingkungan hidup di tingkat dunia,” katanya. (ir)

 

Sumber : LensaIndonesia

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Kiat UIN Menghadapi MEA!

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang sudah diberlakukan sejak ahir 2015 silam, sudah semakin merebak dan Indonesia

Close