Ini Dia 7 Universitas Terbaik se-ASEAN, Simak Ulasannya

Infokampus.news– Beberapa waktu lalu The Times Higher Education merilis “Peringkat Universitas Dunia 2020”. Pada penilaian versi The Times Higher Education ini, Sebanyak 5 negara ASEAN masuk dalam penilaian ini. Adapun lima negara ASEAN yang masuk ke dalam 7 Universitas terbaik ini meliputi : Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Berikut 10 universitas terbaik ASEAN menurut The Times Higher Education:

1.  National University of Singapore, Singapura (peringkat 25 dunia)

National University of Singapore (NUS) sendiri merupakan universitas tertua di Singapura yang memiliki lebih dari 370 jurusan di 16 fakultas dan tiga lokasi kampus untuk program gelar sarjana, magister, dan doktoral. Universitas dengan jurusan unggulan bisnis dan manajemen ini juga pernah menempati peringkat kelima belas universitas terbaik versi QS World University Rankings pada tahun 2018.

 

2. Nanyang Technological University, Singapura ( peringkat 48 dunia)

Nanyang Technological University (NTU) merupakan salah satu dari dua universitas negeri terbesar yang berada di Singapura. NTU terdiri dari 15 sekolah dari  berbagai bidang studi yaitu teknik, sains, bisnis, humaniora & seni. Pada tahun 2001, NTU menambahkan program studi ilmu biologi, pada tahun 2004 menambahkan proram studi humaniora dan ilmu sosial, kemudian pada tahun 2005 menambahkan ilmu fisika dan matematika, serta pada tahun 2009 NTU menambahkan program studi seni, desain dan media.

Baca Juga :  Berikut Informasi UTBK SBMPTN 2020, Simak ya!

3. University of Malaya, Malaysia (peringkat 301–350 dunia)

Univerity of Malaya (UM) merupakan perguruan tinggi tertua di Malaysia  yang mulai berdiri pada tahun 1949. Pada tahun 2018 UM berhasil tempati peringkat 114 menurut versi QS World University Rankings.

 

4. Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam (peringkat 401–500 dunia)

Universiti Brunai Darussalam (UBD) merupakan perguruan tinggi top di Brunei yang didirikan pada tahun 1985 lalu. Yang menarik dari UBD ini adalah adanya program studi Asia yang mempelajari kebudayan Asia.

 

5. University of the Philippines, Filipina (peringkat 401–500 dunia)

University of the Philippines (UP) merupakan salah satu perguruan tinggi bergengsi di Filipina. Universitas ini didirikan oleh pemerintah kolonial Amerika Serikat pada tanggal 18 Juni 1908 yang pada awalnya ditujukan untuk orang-orang Filipina.

 

6. Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia (peringkat 501–600 dunia)

Selain University of Malaya, perguruan tinggi Malaysia yang juga menjadi perguruan tinggi terbaik ASEAN ada Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR). UTAR memiliki lebih dari 110 program studi yang tersebar di sembilan fakultas, tiga pusat kajian, dan tiga institut. UTAR dikenal memiliki program-program berkualitas tinggi di bidang ilmu pengetahuan budaya, ilmu pengetahuan alam, teknik, dan teknologi, yang menekankan pada pembelajaran praktek, penelitian, dan pengembangan keterampilan hidup.

Baca Juga :  Hebat! Kakek Berusia 85 Tahun Berhasil Raih Gelar Sarjana Pendidikan

 

7. University of Indonesia, Indonesia (peringkat 601–800 dunia)

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang juga menjadi universitas favorit di Indonesia. Universitas  yang mulai berdiri pada tahun 1950 ini memiliki lebih dari 180 program studi. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *