Ini Dia 8 PTN Terbaik di Jatim, Kampusmu Salah Satunya

Infokampus.news– Beberapa hari yang lalu tepatnya Jumat 16 Agustus 2019 Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumukan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia padatahun 2019 di Gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta.

Menurut Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, klasterisasi ini bertujuan untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dan dengan dilakukannya klasterisasi selanjutnya dapat dilakukan pemetaan. Tujuan dari pemetaan ini yaitu untuk membuat kebijakan yang ada di masing–masing perguruan tinggi agar dapat mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas. Selain itu klasterisasi ini juga bertujuan untuk mendorong kinerja dari setiap perguruan tinggi untuk semakin memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kampus mereka masing – masing .

Indikator penilaian Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator yang berbasis output-output base, antara lain :

  1. Kinerja Input (15 %) : Dosen pendidikan S3, dosen guru besar, rasio jumlah mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing serta dosen.
  2. Proses (25%) : Akreditasi PT dan prodi, pembelajaran daring, kerjasama universitas, kelengkapan laporan-laporansertalaporan
  3. Kinerja output (25%) :Jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian dan  mahasiswa serta jumlah prodi terakreditasi
  4. Outcome (35%) : Kinerja inovasi, jumlah mahasiswa yang diterima bekerja dalam rentang waktu 6 bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen dan kinerja pengabdian kepada
Baca Juga :  Perkuat Jaringan, STIKI Buka Program Internship

Nah, berikut ini adalah 8 Kampus Terbaik di Jawa Timur, langsung aja check it out !

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang biasa disingkat dengan ITS ini menempati peringkat keempat nasional / klaster 1. Awalnya, ITS Surabaya hanya memiliki dua departemen utama yang masih menjadi jurusan paling favorit hingga kini yaitu, Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Namun sekarang, ITS sudah memiliki 10 fakultas yang bisa kita pilih dan 6 jenjang kuliah seperti, program diploma, program sarjana, program magister, program doktoral, kuliah terapan dan kuliah online.

 

  1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau biasa disingkat UNAIR memang jadi salah satu kampus favorit. Lama nempati peringkat 7 nasional/klaster 1. UNAIR memiliki 3 kampus dengan fakultas berbeda, seperti : Kampus A (Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran). Kampus B (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Psikologi). Kampus C (Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Saintek).

  1. Universitas Brawijaya
Baca Juga :  Maba Unidha 60 Persen dari Indonesia Barat

Universitas Barawijaya atau biasa disingkat UB ini menempati peringkat 9 nasional/klaster 1. Universitas yang berada di jalan Veteran, Malang, Jawa Timur ini memiliki 16 fakultas dengan berbagai jurusan untuk kita yang jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Untuk masalah fasilitas, kampus ini juga punya fasilitas yang super lengkap. Mulai dari laboraturium sampai perpustakaan.

 

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau UM yang dulunya merupakan IKIP Malang ini menempati peringkat 19/klaster 1. Di Universitas Negeri Malang terdapat 8 fakultas untuk program Sarjana dan 1 untuk program Pascsarjana. Diantaranya fakultas Ilmu Pendidikan, Sastra, Matematika& IPA, serta fakultas Ekonomi serta beberapa fakultas lain.

 

  1. Universitas Negeri Jember

Selain Perguruan Tinggi di Surabaya dan Malang, Universitas di kota Jember juga bisa jadi pilihan. Salah satunya yang jadi kampus favorit adalah Universitas Negeri Jember atau yang biasa disingkat UNEJ. Kampus ini menempati peringkat 21 nasional/klaster 2.

 

  1. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau yang biasa kita sebut dengan Unesa ini menempati peringkat 22 nasional/klaster 2. Saat ini Unesa memiliki 7 fakultas; 4 fakultas berada di kompleks Ketintang: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Ilmu Sosial. Sementara 3 fakultas berada di kompleks Lidah Wetan (LiWet): Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan juga Fakultas Bahasa dan Seni.

Baca Juga :  Unisma Pelopori Destinasi Wisata Halal Kota Malang Lewat Bimtek SJH

 

  1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran JawaTimur

UPN Veteran Jawa Timur cocok untuk menjadi kampus yang diperhitungkan karena kampus ini memang identik sebagai Kampus Bela Negara yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan sarjana Pionir Pembangunan yang selalu siap mempertahankan NKRI, Pancasila, danUndang-Undang Dasar 1945. Kampus ini menempati peringkat 4 nasional/klaster 2.

 

  1. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo yang terletak di Pulau Madura ini juga dapat dijadikan pilihan sebagai sekolah lanjutan pasalnya ia memiliki beberapa kelebihan misalnya kita dapat mempelajari budaya masyarakat Madura, selain itu biaya hidup di kota ini juga terbilang murah lho. Apalagi kampus ini merupakan satu–satunya kampus negeri di wilayah Madura. Kampus ini menempati peringkat 68 nasional/klaster 2. (Nad)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *