Ingin Satu Almamater dengan Pangeran Arab Saudi? Daftar di Kampus Ini!

Infokampus.news – Negara-negara di Timur Tengah mengalami perkembangan sistem pendidikan yang cukup pesat. Di Arab Saudi misalnya, kampus-kampus kini mulai bersaing dengan universitas kelas dunia dari berbagai negara.

Disitat dari Top Universities, setidaknya ada tiga kampus yang masuk 300 besar dunia berdasarkan QS University Rankings. Salah satu dari institusi tersebut bahkan menjadi almamater bagi sejumlah anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi, lho!

1. King Fahd University of Petroleum & Minerals

King Fahd University of Petroleum & Minerals terpilih sebagai kampus terbaik di Timur Tengah dan di tingkat regional Arab. Prestasi ini sudah diraih selama dua kali berturut-turut. Di tingkat dunia, kampus yang berdiri sejak 1963 ini menduduki peringkat ke-189 untuk periode 2016/2017.

Berlokasi di Dhahran, terdapat sekira 7.000 lebih mahasiswa kuliah di sana. Sayangnya, mahasiswa perempuan tidak diterima di kampus ini. Jurusan terbaik yang bisa dipilih di King Fahd University of Petroleum & Minerals adalah teknik pertambangan, kimia, dan teknik mesin.

2. King Saud University

King Saud University terkenal sebagai almamater anggota Kerajaan Arab Saudi. Dua pangeran Arab Saudi yang pernah mengenyam pendidikan di sana, yakni Pangeran Abdullah bin Mutaib bin Abdul Saud dan Pangeran Mohammad bin Salman Al Saud yang merupakan putra dari Raja Salman.

Saat ini, kampus yang berlokasi di Riyadh ini menduduki posisi ke-227 dunia. Sedangkan di level regional Arab, King Saud University berada di tiga besar terbaik. Berbeda dari King Fahd University of Petroleum & Minerals, kampus ini menerima mahasiswa perempuan. Bahkan, jumlah mahasiswa internasionalnya cukup banyak, mencapai 1.100 mahasiswa. Secara keseluruhan, ada sekira 51 ribu mahasiswa kuliah di kampus ini.

3. King Abdulaziz University

Secara peringkat, kampus ini tepat berada di bawah King Saud University, yakni di posisi keempat untuk level regional Arab. Sedangkan di tingkat dunia berada di ranking ke-283. Kampus yang berdiri sejak 1967 itu memiliki lebih dari 82 ribu mahasiswa. Bangunan kampus terbagi menjadi dua bagian untuk memisahkan mahasiswa perempuan dan laki-laki.

Jurusan terbaik di King Abdulaziz University di antaranya matematika, teknik mekanik, ilmu komputer, kimia, sistem informasi, dan farmasi. Berlokasi di Jeddah, bangunan kampus ini dirancang oleh salah satu arsitek Inggris terkenal, John Elliott. (FAM)

 

Sumber: Top University

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Duta Besar AS untuk RI Apresiasi Program Geliat UNAIR

Duta besar AS menyampaikan komitmen tbisa saling mendukung untuk berkolaborasi pada institusi pendidikan di masing-masing negara

Close