Ini Kiat Jadi Mahasiswa Kampus Yang Aktif!

Infokampus.news – Dewasa ini menghadapi kehidupan perkuliahan, tidaklah mudah ya untuk sebagian mahasiswa. Sebenarnya penyebab dari hal ini beragam, seperti misalnya belum punya teman baru yang bisa dipercaya atau diandalkan, sistem belajar yang berbeda, ataupun belum terbiasa hidup mandiri.

Sebenarnya, menjadi mahasiswa yang sukses tak cukup dengan prestasi akademis saja, lho! Seperti dikutip dari Okezone, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unika Atma Jaya, Kristianto Halomoan mengatakan bahwa di tengah perkembangan teknologi, mahasiswa juga harus aktif. Sayangnya, saat ini kebanyakan mahasiswa masih sebatas aktif dalam pergaulan.

Kurang Aktif Dalam Perkembangan Tehnologi

“Di era digital, mereka harus banyak mencari informasi. Peluang yang bisa mereka dapatkan akan semakin besar, seperti beasiswa, kesempatan kerja, dan lain sebagainya,” ucapnya kepada media di Unika Atma Jaya, belum lama ini.

Baca Juga :

Kristianto sendiri menilai bahwa kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial sudah cukup baik. Namun, sifatnya masih berupa social network dan sebagian besar tidak dikembangkan dengan produktif.

Harus Berkembang di Bidang Yang Lebih Produktif

“Menambah jaringan tentu penting. Tetapi tidak cukup sampai di situ. Mahasiswa harus aktif maksudnya juga tanggap. Tahu siapa nama gubernur, bupati, yang sederhana saja dulu. Dengan sifat aktif tersebut mereka nanti tahu lulus mau jadi apa,” paparnya.

Dia berharap, ke depan mahasiswa mampu untuk lebih mengembangkan diri. Pasalnya, saat ini peluang berwirausaha juga besar, sehingga para lulusan universitas tak harus menjadi karyawan.

“Dengan menjadi mahasiswa aktif, menandakan bahwa mahasiswa tak cukup dengan kemampuan akademis saja. Banyak berorganisasi dengan mengembangkan softskill. Kami juga sudah mengembangkan pendamping ijazah menggunakan satuan kredit partisipasi,” tandasnya. Hal ini sangat penting untung dipertimbangkan oleh mahasiswa mengingat tingkat persaingan yang semakin hari semakin ketat. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Universitas Brawijaya Juara Umum PIMNAS 2016!

UB Malang berhasil membawa pulang piala Adikarta Kertawidya, usai dinobatkan sebagai juara umum PIMNAS 2016.

Close