Ini Kiat UNISMA Untuk Mendongkrak PKM!

infokampus.news, Malang – Salah satu kiat Universitas Islam Malang atau UNISMA untuk mendongkrak mahasiswa agar menyusun proposal Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM, yaitu mengundang pembina khusus langsung oleh Ristekdikti. Acara yang berlangsung dari tanggal 27-30 juli 2016 ini melibatkan para petinggi kampus dan lembaga serta puluhan dosen yang memang telah terpilih untuk menjadi pembina mahasiswa yang mengikuti program PKM tersebut.

Acara ini dutujukan agar para dosen pembimbing nantinya memahami lebih jauh kiat-kiat agar lolos salah satu program yang cukup bergengsi ini. Seperti yang disampaikan bapak rektor bahwa program ini merupakan ajang bergengsi, dan diharapkan setiap tahun mahasiswa yang didanai proposalnya terus meningkat.

pkm

Peningkatan Harus Ada

Salah satu faktor penurunan jumlah mahasiswa yang didanai Ristekdikti memang menurunnya anggaran dari pusat yang otomatis berdampak pada penurunan jumlah program yang didanai maupun dana hibah yang diberikan. Namun, hal ini harusnya tidak menjadi penghambat para mahasiswa maupun dosen pembimbing ragu untuk membuat proposal.

“Berangkat dari pengalaman dari tahun 2014 kita sudah berusaha untuk mendorong mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dan syukur tahun ini sudah ada yang akan mengikuti pinmas meskipun belum diketahui judul yang mana yang lolos. Kami tidak ingin ya mahasiswa menurun, ayo harus lebih meningkat dari tahun ke tahun,” ujar bapak Prof. Dr. H. Masykuri M.Pd dalam sambutannya.

Baca Juga :

Dipupuk Untuk Berkreasi Sejak Menjadi Maba

Tidak hanya pembekalan untuk dosen yang diadakan ini, namun untuk mendongkrak pembuatan proposal, mahasiswa diberi bekal dan pengarahan dari sejak menjadi mahasiswa baru. Bahkan program ini dijadikan sebagai mata kuliah wajib dalam satu semester pertama.

“Bagi mahasiswa kita kenalkan ini dengan master maba yang akan diikuti dalam satu semester. Kita tujukan untuk pengembangan karakter nasional, kita bimbing untuk terus maju dan kreatif. dan target kedepannya, jumlah proposal terus meningkat tiap tahunnya,” tambahnya kemudian.

Ristekdikti Harapkan Judul Yang Tepat

Pihak lembaga Ristekdikti pun menyampaikan bahwa lembaga tidak mempunyai dana yang besar maka dari itu mereka mengharapkan judul yang terbaik yang dapat diberikan para mahasiswa.

“Kami memang tidak memiliki dana yang besar ya, tapi kami juga harus menghargai karya kampus agar mereka tidak kehilangan asa untuk pengembangan kreativitas yang lebih bagus,” ujarnya kemudian.

Acara ini merupakan upaya dari dua lembaga guna mengembangkan potensi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Karena pada dasarnya masyarakat Indonesia sangatlah kreatif namun, tergantung bagaimana mengupayakan agar tumbuh dalam wadah yang pas. (ir)

ADV-728_x_90

One thought on “Ini Kiat UNISMA Untuk Mendongkrak PKM!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini UKT Universitas Gadjah Mada di Tiap Kelompok!

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menetapkan besaran biaya kuliah yang perlu dibayarkan mahasiswa berdasarkan kemampuan finansial yang mereka miliki. Seperti yang...

Close