Ini Komentar Rektor UB Tentang Sertifikasi AUN-QA 2016!

Infokampus.news, Malang – Hari ini (23/8) merupakan hari pertama berlangsungnya serangkaian acara AUN-QA 2016. Program ini merupakan acara penilaian untuk sertifikasi universitas skala Asean yang tengah dikejar oleh kampus Universitas Brawijaya untuk beberapa program studi dalam 3 fakultas. Tahun ini yang akan mendapat sertifikasi tersebut adalah Fakultas Tehnik Pertanian (FTP), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

“Atas nama pihak penyelenggara ya tahun ini sementara itu dulu ya, kita lanjutkan program worldclass UB dari tahun kemarin kan sudah ada 3 ya, nah tahun ini kita tambah 3 lagi yaitu FTP, FK dan FIA,” ujar Prof. Dr. H. Bisri selaku rektor.

Sertifikasi Internasional Dinilai Lebih Mendetail

Ia juga menyampaikan bahwa sertifikasi standar Asia ini tidak hanya melihat pada output nya saja, melainkan prosesnya lebih diteliti. Justru Assesment pihak Internasional lebih menekankan pada proses pencapaian kriteria daripada sertifikasi yang biasa dilakukan di dalam negeri.

“Untuk assesment sampai kamis ini sudah hampir semua aspek dari kampus kami memenuhi standar internasional. Sertifikasi standar asia sudah dipenuhi dari standar proses ya, tidak hanya output tapi prosesnya. Menurut saya bagus ini ya jadi jangan sampai hasil bagus tapi angkanya ngarang. Berbeda memang dengan sertifikasi kalau dari dalam negeri lebih ditekankan di hasilnya,” tambahnya kemudian.

Baca Juga :

Tidak Semua Fakultas Akan Disertifikasi, Namun Harus Tetap Menyesuaikan

Disamping itu, sertifikasi ini tidak dimiliki semua jurusan dari setiap fakultas. Jadi diharapkan dengan adanya sertifikasi ini jurusan lain menyesuaikan standarnya dengan mutu yang sama dengan prodi yang telah endapat sertifikasi.

“Harapannya tiap fakultas hanya satu dua prodi ya, jadi fakultas lainnya berimbas, artinya harus menyesuaikan dengan yang sudah terakreditasi. Karena kalau semua diakreditas ya tidak bisa, mahal biayanya dan prosesnya juga panjang,” ujarnya pada media. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Job Fair UM, ‘Ubah Paradigma Lama’

Hari ini diselenggarakan Job Fair UM di sasana budaya mulai tanggal 23-24 Agustus 2016. Pengunjung yang hadir mulai hari ini

Close