Ini Tips Mengerjakan Soal TKPA SBMPTN 2017!

Infokampus.news – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional.

Sobat FoKus, sebelum kamu menghadapi SBMPTN, pastikan kamu sudah mengetahui jenis-jenis ujian yang akan diberikan. Kamu pasti sudah tahu salah satu jenis ujian dalam SBMPTN adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik atau TKPA kan? Nah, supaya kamu makin siap dalam menghadapi SBMPTN, yuk simak informasi penting mengenai Soal TKPA SBMPTN 2017 di bawah ini!

1. Apakah yang dimaksud dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Dalam SBMPTN, terdapat dua jenis ujian, yakni Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan. Ujian Tertulis sendiri dibagi menjadi beberapa jenis ujian lainnya. Salah satu jenis ujian tersebut adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

2. Siapa saja yang harus mengikuti Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Semua orang yang mengikuti SBMPTN harus mengerjakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). Apapun jurusan yang kamu pilih pada SBMPTN, kamu harus melalui TKPA ya, Sobat FoKus. Pilihan jurusanmu baru menentukan apakah kamu akan mengikuti ujian TKD Saintek atau TKD Soshum.

3. Apa yang diukur dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Sobat FoKus, Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) tidak hanya menilai kemampuan akademis kamu. TKPA cenderung mengukur kecerdasan kamu dalam penalaran menggunakan logika. Karena itu, jenis soalnya pun berbeda dengan ujian pada umumnya.

4. Apa saja tes dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Sobat FoKus akan menemui Tes Potensi Akademik atau TPA. Selain TPA, kamu pun harus mengerjakan soal matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

5. Materi apa yang akan diujikan dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Biasanya materi yang diujikan dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) adalah antonim, sinonim, perumpamaan, persamaan, gambar menghubungkan, menyimpulkan, deret, aljabar, dan soal cerita.

6. Apa kisi-kisi materi dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Dalam Tes Potensi Akademik (TPA) di Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), kamu akan menemui soal-soal mengenai:

Kemampuan Verbal
Kemampuan Kuantitatif yang terdiri dari pola barisan, aritmetika, diagram venn, dan pola gambar
Kemampuan Logika yang terdiri dari logika proposisi dan logika analitik
Selain TPA, kamu akan menemui soal-soal matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris seperti yang telah Sobat FoKus pelajari ketika di SMA.

7. Berapa soal yang diujikan dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Total soal dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) berjumlah 90 soal. Soal-soal tersebut terbagi dari 45 soal untuk Tes Potensi Akademik (TPA), 15 soal untuk matematika dasar, 15 soal untuk bahasa Indonesia, dan 15 soal untuk bahasa Inggris.

8. Berapa lama waktu untuk mengerjakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Total waktu yang diberikan untuk mengerjakan 90 soal dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) adalah 105 menit. Karena durasi yang diberikan sangat sedikit, yakni sekitar satu menit per soal, maka sangatlah sulit untuk memikirkan penyelesaian pada tiap soal. Utamakanlah soal-soal mudah yang pasti bisa kamu jawab dengan benar.

9. Bagaimana perhitungan poin dalam Tes Kemampuan dan Potensi Akademik?

Umumnya saat mengerjakan soal TKPA, kalau kamu salah dalam menjawab soal TKPA, maka poinmu akan dikurangi 1, sedangkan jawaban benar akan ditambah poin 4. Jadi, kalau kamu ragu-ragu, lebih baik tidak usah diisi.

Itulah beberapa tips mengerjakan Soal TKPA SBMPTN 2017, kunjungi terus infokampus.news untuk mendapatkan informasi contoh soal TKPA SBMPTN 2017 dan berita terupdate seputar SBMPTN 2017 lainnya. (FAM)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekrutmen Dosen Tetap Non-PNS UGM Tahun 2017

Pada tahun 2017 UGM kembali membuka kesempatan untuk berkarier menjadi Dosen Tetap Non-PNS di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Close