Ini Lho Kiat Lolos PIMNAS PKM 5 Bidang Langsung Dari Jurinya!

Infokampus.news, Malang – Apa sih kiat lolos PIMNAS PKM 5 Bidang? Ternyata ada beberapa tips dan triknya lho. Kali ini tim infokampus.news berkesempatan untuk berbincang langsung dengan juri PIMNAS, Dr. Ir. Bambang Sampurno, yang juga merupakan dosen dari Teknik Mesin ITS Surabaya.

Nah, untuk kamu yang sangat ingin mengikuti ajang ini dan berharap penelitianmu didanai Kemenristekdikti hingga meraih medali PIMNAS, yuk simak paparan berikut ini. Ini dia kiat lolos PIMNAS PKM 5 Bidang langsung dituturkan eksklusif pada tim infokampus.news.

1. PKM Penelitian

Menurut Bambang, penelitian yang berkwalitas dalam bidang ini adalah penelitian yang memiliki state of art. “State of art yang ia maksudkan adalah penelitian yang bermanfaat yang sangat dibutuhkan atau tidak? Lalu harus dipikirkan juga ini nantinya tindak lanjutnya seperti apa.” Tukasdia

2. PKM Kewirausahaan 

Untuk bidang ini ia berharap para pelamar proposal mampu melihat dulu peluang dari sebuah usaha yang akan digarap. “Sering mereka meneliti tapi tidak berbasis keilmuan dan kompetensinya, sukanya ini yang paling sering kripik, nugget  ini harus dihindari. Harusnya cari sesuatu yang berbasis peluang dulu dilihat baru membuat produk. Jarang yang buat produk baru create peluang, yang ada lihat peluang dulu dan peluang juga bisa dilihat dari survey.” Paparnya.

3. PKM Pengabdian Masyarakat

“Perlu mitra memang tapi bukan mitra produktif dan kita harus bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat non produktif ini. Selain itu  keberlanjutannya ada tidak?” Ungkapnya.

Menurut hematnya, setelah penelitian ini nantinya ada pihak-pihak yang melanjutkan terutama organisasi non produktif seperti PKK, OSIS, HMJ dan sebagainya.

4. PKM Teknologi 

Di tahap ini para pelamar harus memiliki ide untuk memperbaiki sistem yang digunakan selama ini, bukan hanya terpancang dengan teknologi tinggi. “Perbaikan sistem yang teoat guna tidak harus selalu berteknologi tinggi,” Tambahnya.

5. PKM Karsa Cipta

Yang terakhir adalah karsa cipta dimana para pelamar dituntut untuk memiliki ide yang unik. “Unik saja, beyond. Ini sering disebut autis juga, karena tidak harus ada produk.” Ujarnya sambil berseloroh.

Nah itu tadi kriteria kesuksesan lolos PIMNAS PKM 5 Bidang yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membuat proposal penelitian nih sahabat FoKus. Semoga bermanfaat! (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kiat Sepele Menulis PKM yang Penting Ini Dibocorkan Juri Pimnas pada Para Mahasiswa UNIGA Pagi Ini

Kiat sepele menulis PKM tapi penting ternyata sering diabaikan oleh para mahasiswa yang mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setiap

Close