Ini Manfaat Sastra Yang Banyak Orang Anggap Remeh!

Infokampus.news, Malang – Banyak orang yang menyukai sastra namun sangat sedikit yang mengerti bahwa manfaat membaca sastra sangatlah mendasar. Itulah yang disampaikan Yusri Fajar, M.A, ketua program studi sastra Inggris Universitas Brawijaya Malang, ia mengatakan sastra adalah alat pencerah bagi manusia.

“Sastra memberikan satu kekuatan tersendiri untuk pembacanya karya sastra itu memberi pencerahan. Sastra membuat kita memiliki dan memperdalam sisi kemanusiaaan,” ujarnya ditemui beberapa waktu silam.

Ia mencontohkan salah satu novel karya Buya Hamka berjudul ‘Tenggelamnya Kapal Van der Wijck’ yang dinilai mamlu menggugah hati para pembacanya.

“Contohnya novel ‘Tenggelamnya kapal Van der Wijck’ karya Buya Hamka itu kita bisa lihat dua sisi kemanusiaan,” paparnya

Pesan Mendalam dikemas Melankolis

Yusri memaparkan dalam novel tersebut ada dua pesan yang ingin disampaikan oleh si Penulis, tidak hanya tentang cinta dua sejoli namun kita juga disuguhkan karya agar kita bisa memahami perbedaa.

“Bagi saya apa yang dipesankan Hamka itu bukan hanya cinta dua sejoli, tapi juga cinta dua insan yang harusnya mampu me-universalkan perbedaan budaya,” ungkapnya.

Ia mengklaim hal seperti ini harusnya disadari oleh masyarakat khususnya para civitas akademika yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Nilai kemanusiaan itu harus diangkat kembali dengan berbagai cara termasuk karya sastra yang menanamkan nilai-nilai kemanusiaan.

“Kita harus bikin masyarakat sadar kalau sastra ini memiliki nilai kemanusiaan yg luar biasa, kita bisa belajar dari sini sebagai contoh kita dalam kehidupan,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Dari tahun ke tahun, peminat jurusan Bahasa Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terus meningkat. Tahun 2012 silam Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI untuk RRT, Chaerun Anwar menyebut peningkatannya rata-rata 25-30 persen per tahun. Kala itu tercatat ada 9 universitas yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia.
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang menggelar lomba debat Bahasa Arab sebagai rangkaian kegiatan Festival Jazirah Arab 2016 hari ini, Rabu, 1 November 2016. Lomba yang dilaksanakan di lantai 3 Fakultas Humaniora UIN Malang ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aktivis Transgender Bedah Buku di Pesta Malang Sejuta Buku

Bukan tanpa alasan, sejak 29 Desember 2016 sampai 4 Januari 2017 sedang teraelenggara acara Pesta Malang Sejuta Buku.

Close