Ini Peluang Kerja Lulusan Hubungan Internasional!

Infokampus.news – Halo Sobat Fokus! Kali ini infokampus.news akan membahas peluang kerja lulusan hubungan internasional.  Jurusan Hubungan Internasional secara umum mempelajari kondisi ekonomi, politik dan budaya antara berbagai negara, dan hubungan mereka dengan negara lainnya. Jurusan ini mengajarkan beragam pengetahuan, hampir tentang setiap negara.

Jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat bagus karena banyak disukai oleh pemberi kerja berkat kecakapan komunikasi dan bahasa, juga karena wawasan yang luas pada bidang politik domestik maupun internasional. Jika Sobat memiliki gelar dari jurusan hubungan internasional Sobat bisa bekerja pada bidang manapun di dunia ini.

Beberapa karir yang dapat dipilih oleh lulusan jurusan hubungan internasional adalah diplomat, mediator, analis politik, pengacara internasional, ahli internasional dan masih banyak lainnya. Simak informasi selengkapnya dibawah ini!

Peluang Kerja Lulusan Hubungan Internasional
Bekerja di Perusahaan

Lulusan jurusan hubungan internasional bisa bekerja di perusahaan swasta sebagai pegawai, peneliti pasar dan lainnya. Perusahaan yang berskala internasional atau besar adalah pilihan yang menjanjikan untuk perkembangan karir dan menawarkan gaji amat tinggi. Misalnya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, misalnya Ford, Honda, Samsung, dan lain-lain.

Bekerja di Instansi Pemerintahan

Prospek kerja jurusan HI adalah Diplomat, instansi pemerintahan yang membutuhkan diplomat ialah Kementrian Luar Negeri yang termasuk didalamnya yaitu Kedutaan Besar, Konsulat, dan Atase. Selain itu juga bisa berada di lembaga pemerintahan yang memiliki relasi langsung dengan lembaga-lembaga di luar negeri yakni badan penanaman modal.

Bekerja sebagai Dosen, Akademisi dan Peneliti

Peluang kerja sebagai dosen dan akademisi bagi seorang lulusan jurusan Hubungan Internasional umumnya ada di lembaga pemerintah atau perguruan tinggi dan tenaga seorang dosen Hubungan Internasional juga bisa menjadi akademisi setelah mengambil pendidikan pascasarjana.

Jurnalis atau Wartawan
 Menjadi jurnalis atau wartawan, baik dalam tingkat nasional maupun internasional tentu juga bisa menjadi bagian dari prospek kerja seorang lulusan Hubungan Internasional. Terbiasa berpikir kritis dalam melihat suatu permasalahan, kasus ataupun isu yang bertaraf internasional, setidaknya dapat menjadi modal awal bagi lulusan Hubungan Internasional untuk menjadi seorang wartawan internasional. Ya, semua orang tentu membutuhkan informasi yang terkait dengan kenegaraan serta isu – isu yang berkembang dalam ranah internasional, bukan? Untuk itu, dengan dasar – dasar pembelajaran mengenai analisis isu internasional, profesi wartawan ataupun jurnalis menjadi salah satu prospek kerja yang cukup diincar bagi lulusan Hubungan Internasional.

Itulah daftar prospek kerja lulusan akuntasi yang bisa Sobat jadikan referensi untuk meniti karir. Terus kunjungi infokampus.news untuk mendapatkan informasi seputar dunia kampus lainnya. Semoga bermanfaat! (fam)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Peluang Kerja Lulusan Akuntansi!

Peluang kerja lulusan akuntansi memang menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, juga jenjang karir yang terjamin.

Close